Saturday, 18 January 2020


Tiga Penyuluh Pertanian NTT, Raih Penghargaan Terbaik dalam Berkontribusi Luas Tambah Tanam

28 Sep 2019, 19:47 WIBEditor : Ahmad Soim

Tanam Padi di NTT | Sumber Foto:Kontributor

 

TABLOIDSINARTANI.COM - Tim Upaya Khusus Padi, Jagung dan Kedelai NTT, memberikan penghargaan kepada 3 Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) yang berkontribusi terbaik dalam peningkatan Luas Tambah Tanam di NTT tahun 2019.

Pemberian penghargaan itu dilakukan bertepatan dengan Hari Pangan Sedunia (HPS) Ke-39 tingkat Provinsi NTT, 25-27 September 2019.  Peringatan HPS digelar di Borong, Manggarai Timur, tepatnya di lapangan Wae Bobo, Rana Loba.

Pada kegiatan tersebut juga digelar pameran pangan lokal. Kepala Pusat Pendidikan Pertanian Idha Widi Arsanti hadir pada acara pembukaan yang juga dihadiri oleh Wakil Bupati Manggarai Timur, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi NTT, Kepala Dinas Pertanian Manggarai Timur dan jajaran pejabat daerah provinsi NTT maupun kabupaten Manggarai Timur.

Pada acara ini, Kepala Pusat Pendidikan Pertanian menyerahkan penghargaan untuk tiga peyuluh berprestasi dalam pencatatan UPSUS LTT di Provinsi NTT. Penyerahan dilakukan kepada Kasie Penyuluhan Provinsi NTT, untuk diserahkan kepada penyuluh penerima penghargaan pada acara puncak HPS pada tanggal 27 September 2019.

Tiga penyuluh yang menerima bantuan berasal dari Manggarai Timur atas nama Isnael, S.P., Sumba Timur atas nama Febia Julia Nange, S.P., dan Belu atas nama Yasintus Bria, S.ST. Pemilihan pemenang penghargaan melalui seleksi dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi NTT. “Hadiah ini merupakan penghargaan atas ketekunan dan loyalitas penyuluh dalam pencatatan LTT di Provinsi NTT. Semoga dengan adanya penghargaan ini bisa menjadi motivasi untuk penyuluh dan pencatat data yang lain sehingga LTT bisa terus meningkat,” pesan Dr. Idha Widi Arsanti, selaku Kepala Pusat Pendidikan Pertanian (25/09/2019).

Sebelum acara dimulai, Kepala Pusat Pendidikan Pertanian bersama dengan Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi NTT dan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Manggarai Timur beserta jajarannya, melakukan tanam bersama di Rana Loba, tepatnya lahan milik kelompok tani Sinar Tani, yang dilanjutkan dengan panen bersama. Kelompok Tani Sinar Tani memiliki luas sawah total 45 ha dengan system 3 kali tanam dalam setahun.

Meskipun saat ini NTT masih dalam musim kemarau, pertanaman di Manggarai Timur, khususnya Rana Loba tetap terlaksana dengan baik. Saat diskusi dengan Dinas Pertanian Manggarai Timur dan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi NTT, diketahui bahwa Manggarai Timur masih memiliki potensi yang sangat luas, mencapai belasan ribu hektar, sumber air pun tersedia. Hanya saja, untuk membendung air supaya dapat digunakan sebagai irigasi, membutuhkan dana yang sangat besar. Untuk itu, perlu adanya perhatian dan usaha lebih untuk dapat mengoptimalkan potensi yang ada di Manggarai Timur.

Reporter : Kontributor
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018