Minggu, 21 Juli 2019


Balai Penyuluhan Pertanian Segera di Akreditasi

08 Jan 2019, 14:40 WIBEditor : Ahmad Soim

Kantor BPP Mandalawangi Pandeglang | Sumber Foto:dok tabloidsinartani.com

Akreditasi BPP diperlukan untuk memastikan penyelenggaraan penyuluhan pertanian di Kecamatan terjamin berjalan efektif dan efisien serta mampu mengkoordinasikan, mensinergikan dan menyelaraskan program pembangunan pertanian di kecamatan



TABLOIDSINARTANI.COM - Untuk mendukung revolusi industri 4.0, sektor pertanian, Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) sebagai Kelembagaan Penyuluhan Pertanian terdepan, terus ditingkatkan kapasitas dan pelayanannya.

 

BPP sebagai Pusat Data dan Informasi Pertanian di Kecamatan, harus mampu  menyediakan data dan informasi pertanian serta materi penyuluhan pertanian dengan cepat dan tepat waktu dengan memanfaatkan Internet of Thing (IoT) dalam Internet Pertanian. IoT dalam Internet Pertanian bertujuan untuk meng-connect (menyambungkan) potensi-potensi pertanian di wilayah kerja BPP dengan internet melalui smarphone maupun gadget lainnya.



Akreditasi BPP diperlukan untuk memastikan penyelenggaraan penyuluhan pertanian di Kecamatan terjamin berjalan efektif dan efisien serta mampu mengkoordinasikan, mensinergikan dan menyelaraskan program pembangunan pertanian di kecamatan dengan pemangku kepentingan lainnya.

 

BACA JUGA:

> Selama 4 Tahun 385.170 Unit Alsintan Digelontorkan ke Petani

> Menteri Amran Pertanian Alami Transformasi Besar Dalam 4 Tahun

> Inilah hasil program terobosan Kementerian Pertanian dalam 4 Tahun Terakhir

 


Disamping itu, akreditasi BPP juga diharapkan dapat mendorong, antara lain: 1) Pengembangan SDM Pertanian, 2) Pengembangan Sistem Informasi penyuluhan Pertanian, 3) Pengembangan Metode dan Materi Berbasis IT , 4) Optimalisasi Pemanfaatan Sarana Penyuluhan Pertanian 5) Peningkatan Prasarana dan Alat Bantu Penyuluhan Pertanian, 6) Pemberdayaan Masyarakat Sasaran, dan 7) Pengembangan Jaringan Kerja dan Kemitraan.



Dengan adanya Akreditasi BPP maka mampu menjawab tantangan tersebut, dan BPP mampu melayani dan mewujudkan Petani Sejahtera.

Reporter : Joko Samiyono
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018