Wednesday, 27 January 2021


PEDA VI KTNA Provinsi Banten, Era Revolusi Industri 4.0 Tidak Bisa Dihindari

07 Oct 2019, 15:26 WIBEditor : Ahmad Soim

Peda KTNA di Banten | Sumber Foto:Kontributor



TABLOIDSINARTANI.COM -  Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Banten berusaha  meningkatkan kapasitas petani dan penyuluh pertanian dengan mengadakan kegiatan Pekan Daerah (Peda) VI Petani Nelayan Andalan yang dilaksanakan di Lapangan Boru Kelurahan Cilaku, Kecamatan Curug, Kota Serang-Provinsi Banten. Peda yang dilaksanakan dari  7 - 11 Oktober 2019 itu, pesertanya mencapai  600 orang dari Kabupaten/kota se Banten. Peda dibuka oleh Gubernur Provinsi Banten, Wahidin Halim pada 7 Oktober 2019.

Kepala Bidang Kelembagaan dan Ketenagaan Penyuluhan Pertanian, Joko Samiyono mewakili Kepala Pusat Penyuluhan Pertanian hadir pada kegiatan ini. Joko mengatakan kegiatan ini sangat bermanfaat  untuk membangkitkan motivasi petani agar lebih berdaya saing dan handal. Peda lanjutnya dapat dijadikan sebagai ajang adu ketangkasan dan keterampilan (Asah Terampil), ajang promosi produk-produk pertanian hasil dari Poktan/Gapoktan yang dibina oleh para penyuluh pertanian sekaligus untuk meningkatkan profesionalisme para penyuluh pertanian sehingga siap dalam menghadapi tantangan perubahan teknologi bidang pertanian.

Era Revolusi Industri 4.0 tidak mungkin dihindari, namun harus dihadapi dan dipersiapkan, penyuluh pertanian harus melek teknologi, harus adaptif terhadap teknologi supaya tidak tertinggal dalam pemanfaatan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) yang semakin canggih, serba digital dan saling belajar, tukar menukar informasi, pengalaman serta pengembangan kemitraan agrisbinis, sehingga dapat meningkatkan keswadayaan dan kemandirian petani serta pengusaha tani semakin baik dengan memperkuat kelembagaan tani baik poktan/gapoktan dan kelembagaan penyuluhan pertanian di kecamatan dan desa/kelurahan.

Reporter : Kontributor
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018