Minggu, 20 Oktober 2019


Leli Nuryati, Fungsikan BPP Sebagai Pusat Peningkatan Mutu Pembangunan Pertanian Kecamatan

08 Okt 2019, 16:47 WIBEditor : Ahmad Soim

Koordinasi PPL dan BPP di Kediri | Sumber Foto:Kontributor


TABLOIDSINARTANI.COM - Untuk memotivasi kinerja penyuluh pertanian dan meningkatkan peran Balai Penyuluhan Pertanian ( BPP) di kecamatan kecamatan, Kepala Pusat Penyuluhan Pertanian, Leli Nuryati melakukan rapat koordinasi Pembangunan Pertanian dengan Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementerian Pertanian, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kediri dan para Penyuluh Pertanian Pusat serta Daerah Kabupaten Kediri.

Rapat koordinasi tersebut juga untuk persiapan sosialisasi teknologi pertanian  di Kecamatan Banyakan, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Sosialiasasi yang akan dihadiri Menteri Pertanian Amran Sulaiman ini akan didemokan beragam alat mesin pertanian yang serba canggih yang digerakan secara otomatis tanpa awak seperti TR 4, Combine Harvester, Rice Transplanter, Drone untuk menabur benih dan pupuk/obat-obatan.

Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) jelas Leli Nuryati merupakan Kelembagaan Penyuluhan Pertanian di kecamatan, unit kerja non struktural, yang berfungsi sebagai tempat pertemuan bagi para Penyuluh Pertanian. BPP harus mampu mengkoordinasikan, mensinergikan dan menyelaraskan kegiatan pembangunan pertanian di wilayah kecamatan dengan stake holder.

Selain itu, lanjutnya BPP juga sebagai Pusat Data dan Informasi Pertanian di kecamatan; Pusat Pembelajaran; Pusat Konsultasi Agribisnis; dan Pusat Pengembangan Kemitraan Usahatani dengan memanfaatkan manajemen IT, BPP juga harus mampu mengawal kegiatan pembangunan pertanian di Kecamatan, salah satunya pemdampingan dan pengawalan Program Pembangunan Pertanian,  dalam rangka peningkatan produksi dan produktivitas komoditas unggulan, hal tersebut sangat membutuhkan peran optimal BPP.

Untuk itu, BPP diharapkan juga dapat mendorong peningkatan mutu dalam pelaksanaan kegiatan pembangunan pertanian yang akhirnya dapat meningkatkan kapasitas penyuluh pertanian, membangun keswadayaan dan kemandirian petani serta pengusaha tani di wilayah kerjanya masing-masing agar pola pikirnya dapat menghadapi persaingan di bidang pertanian regional maupun global.

Reporter : Kontributor
BERITA TERKAIT
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018