Minggu, 20 Oktober 2019


Siap Go Internasional, Dosen Polbangtan Dilatih Penulisan Jurnal

09 Okt 2019, 10:09 WIBEditor : Gesha

Workshop penulisan jurnal internasional untuk dosen Polbangtan, membuka kesempatan dan meningkatkan kompetensi dosen pendidik | Sumber Foto:HUMAS BPPSDMP

TABLOIDSINARTANI.COM, Bogor --- Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) kian berupaya untuk go internasional. Agar semakin siap, dosen pengajar Polbangtan kini dilatih untuk menulis Jurnal Internasional.

Untuk itu, Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Kementan melalui Pusat Pendidikan Pertanian (Pusdiktan) mengadakan Workshop dengan tema Penguatan Kompetensi Tenaga Pendidik Dalam Metodologi Penelitian dan Penulisan Jurnal Internasional yang dilaksanakan di Bogor selama 3 hari (8-10 Oktober 2019).

Kepala Bidang Kelembagaan dan Ketenagaan Pendidikan, Inneke Kusumawati mengatakan bahwa Workshop tersebut terdorong dari target Kementan itu sendiri. Yakni ingin menjadikan Politeknik Kementan bertaraf internasional. "Workshop ini meliputi bagaimana menulis jurnal dan metode penelitiannya seperti apa. Kita harus bisa memiliki itu semua jika ingin Polbangtan bertaraf Internasional," ujar Inneke.

Dilihat dari data Polbangtan, mayoritas menjabat Lektor. Namun masih terkendala untuk naik jabatan ke Lektor Kepala dan Profesor karena terhambat dalam penerbitan Jurnal Ilmiah Internasional.

"Untuk itu kami disini bisa memberikan pendampingan bersama Tim Kemenristekdikti terangnya. Harapannya dari sini mereka bisa menjadi agen pendorong bagi dosen-dosen lain di Polbangtan untuk bisa mulai menulis dan melakukan artikel yg bisa dipublish internasional," tambahnya.

Sebagai informasi, Pusat Pendidikan Pertanian menyelenggarakan Workshop Penguatan Komopetemsi Tenaga Pendidik. Workshop ini menekankan pendalaman materi secara teori dan praktek mengenai metodologi penelitian dan penulisan jurnal internasional. Hal ini dirasa penting untuk dilakukan sebagai salah satu upaya mendorong para dosen untuk mulai bergerak mempublikasikan hasil-hasil penelitian pada jurnal terakreditasi internasional. 

Pengembangan budaya dan kempuan menulis dosen menjadi suatu tantangan yang harus segera diatasi dalam rangka mewujudkan visi dan misi Politeknik Kementerian Pertanian di masa akan datang. Berbagai kebijakan telah dikeluarkan oleh Kementerian Pertanian. 

Salah satunya dengan kebijakan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor 152/E/T/2012 tanggal 27 Januari 2012 tentang keluaran publikasi ilmiah, terbitan berkala internasional, dengan harapan dapat memotivasi para mahasiswa, dosen, peneliti dalam menumbuhkan budaya menulis artikel ilmiah

Reporter : Kontributor
BERITA TERKAIT
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018