Jumat, 06 Desember 2019


Kostratani Sampai ke Aceh, 2020 Semua BPP Jadi Kostratani

15 Nov 2019, 16:49 WIBEditor : Ahmad Soim

Sosialisasi Kostratani di Aceh | Sumber Foto:Kontributor


TABLOIDSINARTANI.COM - Program Komando Strategis Pembangunan Pertanian (Kostratani) akan menjangkau seluruh kecamatan di Indonesia. "Pada tahun 2020, semua Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) di Indonesia akan menjadi Kostratani tingkat kecamatan," kata Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Dedi Nursyamsi saat sosialisasi Kostratani di Provinsi Nangroe Aceh Darussalam.

Dedi Nursyamsi menambahkan program pembangunan pertanian Kementerian Pertanian di bawah Komando Mentan Syahrul Yasin Limpo diharapkan mampu menyediakan pangan untuk 267 Juta jiwa, meningkatkan kesejahteran petani, meningkatkan ekspor agar produktivitas, kualitas dan kontinuitas naik.

Dalam rangka mendukung program tersebut,  peran BPP sebagai Pusat data dan Informasi, Pusat Gerakan Pembangunan Pertanian, Pusat Pembelajaran, Pusat Konsultasi Agribisnis dan Pusat Pengembangan Jejaring Kemitraan untuk mengawal program pembangunan pertanian tersebut, direvitalisasi menjadi Kostratani di tiap Kecamatan.

Kostratani merupakan salah satu program 100 hari kerja pertama Menterian Pertanian SYL.   Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, Dedi Nursyamsi dalam sosialisasi Kostratani di Provinsi Aceh (15/11) saat melakukan sosilasasi Kostratani yang dihadiri kurang lebih 250 orang peserta, melalui Kostratani BPP diperkuat perannya.

Ikut hadir dalam sosialisasi itu  Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Aceh, Kepala Bidang Penyuluhan Kabupaten/Kota, Penyuluh Pertanian Provinsi Aceh, Koordinator BPP seluruh Provinsi Aceh. "Kostratani dibentuk untuk memperkuat kapasitas BPP dengan melibatkan seluruh penyuluh pertanian dan petugas peranian lainnya baik pusat dan daerah, oleh karena itu harus kuat dan handal," tambah Dedi.

Salah satunya dengan membangun satu data pertanian dalam satu sistem Big Data Pertanian, serta penguatan penyuluhan pertanian di BPP dengan data dan informasi potensi lapangan yang akurat.

Kementerian Pertanian telah menetapkan program Kostratani dengan membentuk 34 Kostrawil di Provinsi, 100 Kostrada di Kabupaten dan 400 Kostrastani di kecamatan, untuk tahun 2019 agar tugas, fungsi dan peran BPP sebagai pusat kegiatan pembangunan pertanian tingkat kecamatan dalam mewujudkan kedaulatan pangan nasional lebih optimal dengan penyediaan sarana prasarana, kelembagaan, kapasitas SDM, dan penyelenggaraan pembangunan pertanian di kecamatan berbasis Teknologi Informasi. Selanjutnya tahun 2020 akan dilanjutkan untuk BPP lainnya di seluruh Indonesia.

Reporter : Kontributor
BERITA TERKAIT
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018