Wednesday, 23 September 2020


Buka Rembug Utama KTNA Aceh, Kepala BPPSDMP Kenalkan Kostratani

16 Nov 2019, 09:59 WIBEditor : Ahmad Soim

Rembug Utama KTNA Aceh | Sumber Foto:Kontributor

TABLOIDSINARTANI.COM - Dalam rangka mewujudkan kedaulatan pangan nasional, Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) sebagai agen penyedia pangan dalam rangka mengurangi kemiskinan dan mendorong export, KTNA Aceh mengadakan rembug utama 2019.

KTNA sebagai ekskutor pembangunan pertanian harus mampu menyediakan pangan bagi 267 juta jiwa penduduk Indonesia, yang mempunyai profesi sebagai petani sebanyak 33.1 juta tergabung dalam kelompoktani sebanyak 603.202 ribu dan gabungan kelompoktani sebanyak 63.664 ribu di seluruh Indonesia.

Pembukaan rembug utama KTNA Aceh 2019 dilakukan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Dedi Nursyamsi. Juga hadir dalam pembukaan Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Perkebunan, Kepala Dinas Pangan dan Ketua Umum KTNA.

 Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, pada pembukaan rembug utama KTNA Aceh, pada 15 Nopember 2019 di Hotel Grand Nangroe Hotel dengan peserta kurang lebih 300 orang, menyampaikan dalam rangka mewujudkan hal tersebut, kementerian Pertanian telah menetapkan program Komando Strategis Pembangunan Pertanian (Kostratani), selaras dengan perjuangan KTNA untuk mengurangi kemiskinan,  oleh karena itu peran non formal kemasyarakatan (KTNA) dapat mendukung dan terus meningkatkan kapasitasnya sehingga siap dalam melaksanakan pembangunan pertanian. 

Kostratani merupakan program 100 Hari Kerja Kementerian Pertanian, yang akan mengoptimalkan tugas, fungsi dan peran BPP sebagai Pusat data dan Informasi, Pusat Gerakan Pembangunan Pertanian, Pusat Pembelajaran, Pusat Konsultasi Agribisnis dan Pusat Pengembangan Jejaring Kemitraan untuk mengawal program pembangunan pertanian tersebut, diperlukan adanya Kostratani.

Dalam program 100 hari tersebut, kostrantani akan di bentuk sebanyak 534, di Pusat, di 13 Provinsi, 100 Kabupaten, 400 di Kecamatan. Semoga melalui Rembug Utama KTNA melahirkan ide-ide brilian untuk membangun pertanian melalui Kostratani kedaulatan pangan terwujud petani sejahterah.

Reporter : Kontributor
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018