Sabtu, 14 Desember 2019


Bimtek Kostratani, Kebangkitan Kinerja Penyuluh Dimulai

01 Des 2019, 12:50 WIBEditor : Ahmad Soim

PPL belajar menggunakan drone | Sumber Foto:Dok

 

TABLOIDSINARTANI.COM - Sosialisasi  Kostratani sebagai gerakan pembaharuan pembangunan pertanian berbasis kecamatan untuk wilayah Jawa Timur telah digelar di BBPP Ketindan (29/11) .

 

Kelanjutan dari acara tersebut adalah  Bimtek bagi koordinator BPP, Penyuluh dan petugas admin data dari 18 kecamatan, yang berasal dari Kabupaten Ngawi, Lamongan, Jember dan Bojonegoro.

 

Peserta bimtek menaruh perhatian penuh terhadap substansi diklat, khususnya pemanfaatan peralatan ICT yang akan mendukung tugasnya. Hal ini diperlihatkan Oleh aksi peserta saat menerima materi jaringan komunikasi penyuluh melalui teleconference dan pengenalan drone  yang dipandu oleh Lutfi Tri Andriani, SP,MP, (Widyaiswara BBPP Ketindan), Bayu Taruna Wijaya Putra, Ph. D (Dosen Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Jember) dan Supardi S.Kom (Pranata Komputer BBPP Ketindan) sebagai pelatih

Sekretaris Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Siti Munifah didampingi Kepala BBPP Ketindan, menjelaskan strategi pengambilan peran dalam mensukseskan gerakan KOSTRATANI. 

Pada sesi tanya jawab Penyuluh mengungkapkan  keraguan akan sustainibilitas program tersebut, karena merujuk pada program program sebelumnya yang menghilang dengan berjalannya waktu.

Siti Munifah dengan penuh semangat membangun motivasi peserta diklat dan menjelaskan kembali kepada peserta terkait program pembaharuan pembangunan Pertanian di Era industri 4.0 yang mendistruptif segala tantangan,  kecepatan, kesulitan menjadi peluang percepatan dan kolaborasi program yang dapat dijalankan oleh semua komponen anak bangsa, maka Penyuluhpun menyadari bahwa era kebangkitan kinerjanya sebagai change agent harus dilaksanakan.

Menurut Munifah, tidak perlu ada keraguan lagi untuk mewujudkan program KOSTRATANI ini, karena dukungan fasilitasi sarpras ICT akan dipenuhi oleh Kementan secara bertahap. Hal tersebut sudah sesuai dengan tagline program pembangunan pertanian " Maju,Mandiri, Modern".

Reporter : Kontributor
BERITA TERKAIT
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018