Tuesday, 28 June 2022


Cara Menumbuhkan dan Mengembangkan Koperasi Berbasis Agribisnis di Pedesaan

09 Mar 2020, 11:46 WIBEditor : Soim

Strategi yang ditempuh koperasi di suatu daerah agar dapat bersaing atau unggul.

TABLOIDSINARTANI.COM - Pihak-pihak yang mendirikan koperasi harus benar-benar sadar bahwa mereka memang membutuhkannya, bukan karena paksaan atau hanya kewajiban untuk memenuhi syarat formal.

Para peminat yang ingin mendirikan koperasi hendaknya mereka memahami dengan jelas struktur organisasi, asas dan sendi dasar koperasi serta jenis/bentuk koperasi yang cocok dengan lingkungan dan usahanya.

Untuk melakukan kegiatan bisnis dan mengembangkan skala usahanya, sebuah koperasi agribisnis sangat ditentukan oleh dua hal, yaitu: kemampuan berproduksi dan kemampuan meningkatkan daya saing produknya secara relatif terhadap produk-produk serupa dari pesaingnya. Dua prasyarat ini berlaku tidak hanya bagi koperasi yang melayani pasar nasional atau yang melakukan ekspor, tetapi juga bagi mereka yang melayani pasar lokal.

Strategi yang harus ditempuh koperasi di suatu daerah agar dapat bersaing atau unggul terhadap pesaing-pesaing mereka antara lain: 1) meningkatkan kualitas dan mutu produk daerah menjadi lebih unggul dari pada produk serupa dari luar daerah; 2) menembus pasar baru atau meningkatkan pangsa pasar atau paling tidak mempertahankannya (strategi jangka pendek); 3) menciptakan kegiatan baru yang produktif dengan daya saing tinggi; dan 4) mengembangkan usaha tanpa merugikan efisiensi usaha.

Kemitraan

Untuk percepatan ekonomi daerah, koperasi dalam menjalankan aktivitas ekonominya sangat perlu melakukan kemitraan. Kemitraan yang dimaksud adalah dalam bentuk partisipasi dari semua unsur yang terkait untuk pengembangan koperasi.

Potensi di daerah yang dapat mendukung berjalannya koperasi, antara lain: masyarakat, pengusaha (kecil dan menengah), industri rumah tangga, dan untuk daerah pedesaan adanya masyarakat petani. Dengan dasar kebutuhan bersama, potensi ini harus dikembangkan melalui koperasi dan menjadi anggota koperasi pada masing-masing jenis usaha atau kegiatannya.

Koperasi dengan manajemen yang baik dapat menjalin kerjasama dalam bentuk mitra kerja dengan lembaga keuangan dan perusahaan. Terdapat tiga komponen mitra dalam hal ini yakni: koperasi, perusahaan, dan lembaga keuangan. Kemitraan ketiga komponen ini perlu dukungan dari pihak pemerintah sebagai pembuat kebijakan. Pemerintah sifatnya disini hanya sebagai pemberian jasa berupa pembinaan dan penyuluhan.

Membangun Pasar Koperasi

Koperasi dapat menjadi badan usaha di pedesaan dan pelaksana penuh sistem pemasaran produk yang dihasilkan oleh petani. Koperasi juga merupakan pedagang perantara dari produk yang dihasilkan oleh anggotanya, seperti industri kecil dan industri rumah tangga. Koperasi juga berfungsi sebagai lembaga pemasaran dari produk petani.

Dalam koperasi dilakukan pengendalian mutu (sortiran, pengolahan, pengepakan, pemberian label, dan penyimpanan) sesuai dengan permintaan dan kebutuhan pasar. Koperasi juga berperan sebagai media informasi pasar, apakah menyangkut dengan peluang pasar, perkembangan harga, dan daya beli pasar.

Melalui informasi pasar koperasi harus dapat menciptakan peluang pasar produk-produk pertanian, sehingga para petani tidak ragu untuk melakukan kegiatan usahanya karena ada jaminan dari koperasi bahwa produk mereka akan ditampung. Kegiatan ini akan merangsang partisipasi anggota terhadap koperasi, yang pada hakikatnya terjadi kesinambungan usaha koperasi.

Koperasi juga berperan sebagai penyedia kredit yang diperoleh dari lembaga perkreditan dan pengusaha. Pemberian kredit ini didasarkan kepada bentuk usaha yang mengembangkan komoditi potensial dan punya peluang pasar. Tingkat pengembalian kredit oleh petani/pengusaha dapat dilakukan melalui pemotongan penjualan hasil kepada koperasi. Kegiatan unit usaha ini akan menimbulkan multiplier effect ekonomi dalam kehidupan masyarakat. Pada hakikatnya produk pertanian di pedesaan dapat menciptakan peluang usaha dalam kegiatan ekonomi sehingga menyebabkan naiknya pendapatan mayarakat yang pada akhirnya meningkatkan kesejahteraan masyarakat pedesaan.

Reporter : Kontributor
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018