Wednesday, 10 August 2022


Tiga Fungsi yang Menguntungkan

09 Mar 2020, 11:46 WIBEditor : Soim

Strategi yang ditempuh koperasi di suatu daerah agar dapat bersaing atau unggul.

Koperasi juga berfungsi sebagai: Pertama, mencarikan alternatif pemecahan masalah petani sebagai anggota seperti penyediaan kredit, pembentukan modal bersama melalui tabungan, penyediaan sarana produksi, pelaku agroindustri, memasarkan produk dan sebagainya; Kedua, memberikan kemudahan berupa pelatihan dan pembinaan kepada petani/ pengusaha di bidang pertanian dalam usaha-usaha yang dilakukannya; dan ketiga, petani/ pengusaha pertanian di pedesaan perlu diorganisir untuk memperkuat posisi tawar-menawarnya dalam menghadapi persaingan dan melakukan kemitraan dengan pihak lain.

Hubungan ini dapat memberikan keuntungan kepada para petani dan pengusaha pertanian, yaitu: Pertama, transfer teknologi dan penyediaan masukan sehingga petani/ pengusaha pertanian di pedesaan mampu bersaing dengan produk lain yang dihasilkan dengan menggunakan masukan dan teknologi yang lebih unggul; Kedua, dapat memperoleh informasi dan peluang pasar secara cepat; Ketiga, dapat membuka akses terhadap modal dan pasar; dan keempat, adanya jaminan dan kepastian pasar bagi produk industri kecil dan industri rumah tangga khususnya produk-produk pertanian.

Sebagai urat nadi perekonomian, Koperasi Pertanian dan Koperasi pada umumnya selalu bertindak untuk melindungi mereka (petani) atau produsen yang ekonominya lemah, yang menjadi anggota koperasinya. Sehingga Koperasi Pertanian akan bermanfaat bagi petani. Secara ekonomi petani dan masyarakat diharapkan bisa meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan. Secara sosial akan terpenuhi kebutuhan sosial masyarakat seperti terbukanya lapangan kerja, kesempatan mendapatkan pendidikan, keterampilan dan masyarakat merasakan memiliki tanggung jawab sosial. Dampak adanya koperasi di suatu wilayah pedesaan khususnya akan membuka jaringan informasi dan inovasi bagi anggota koperasi dalam mengembangkan usahanya. Suwarna-Pusat Penyuluhan Pertanian/ Dari Berbagai sumber

Reporter : Kontributor
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018