Tuesday, 11 August 2020


Siap Bersaing di Pasar Bebas, BBPP Ketindan Gelar Vokasi Manajemen Agribisnis

13 Mar 2020, 17:56 WIBEditor : Yulianto

Kapus Pelatihan BPPSDMP, Bustanul Arifin Caya | Sumber Foto:BBPP Ketindan

Pelaku utama dan usaha harus mampu melakukan strategi pemasaran yang tepat mulai dari mengenal kebutuhan pasar

TABLOIDSINARTANI.COM, Malang---Salah satu kompetensi yang harus dimiliki pelaku utama dan pelaku usaha dalam bidang agribinis untuk menghadapi pasar bebas adalah pemasaran produk pertanian. Untuk itu bagian pemasaran harus profesional dalam menjalankan tugasnya.

Seperti diketahui kegiatan pemasaran merupakan suatu kegiatan yang terpenting dalam kehidupan perusahaan/industri sebagai usahanya untuk mencapai tujuan, mengembangkan usaha, mendapatkan laba serta mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan/industri itu sendiri.

Untuk itu pelaku utama dan usaha harus mampu melakukan strategi pemasaran yang tepat mulai dari mengenal kebutuhan pasar, penciptaan produk yang berkualitas sesuai dengan standar yang dipersyaratkan dan menentukan harga. Selain itu juga promosi yang tepat, serta pelayanan pemasaran untuk memenuhi kebutuhan dalam maupun luar negeri (ekspor).

Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Ketindan selaku lembaga pelatihan yang memiliki tugas pokok dan fungsi untuk meningkatkan kompetensi pelaku usaha dalam mendukung pembangunan pertanian melalui kegiatan pemasaran produk pertanian, menyelenggarakan pelatihan vokasi manajemen agribisnis bagi asisten manajer pemasaran.

Hal ini dilakukan untuk membekali pelaku utama dan usaha agar dapat mengembangkan pemasaran produk pertanian dan mampu bersaing di era pasar global. Pelatihan vokasi sebagai dukungan terhadap 4 program Pusat Pelatihan Pertanian, yaitu: Pelatihan Vokasi, Standarisasi dan Sertifikasi Profesi dibidang Pertanian serta Penumbuhkembangan P4S dan Pengembangan Kerjasama Pelatihan.

Keempat program tersebut memiliki tujuan untuk meningkatkan kompetensi SDM pertanian melalui proses pelatihan. Pelatihan vokasi manajemen agribisnis bagi asisten manajer pemasaran, dibuka Kepala Pusat Pelatihan Pertanian, Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, Bustanul Arifin Caya pada Selasa (10/3).

“Kita harus menjadi SDM Pertanian yang profesional,” ujar Bustanul saat membuka Pelatihan Vokasi Manajemen Agribisnis bagi asisten manajer bagian pemasaran pertanian angkatan 1.

Kapuslatan juga menjelaskan pada peserta pelatihan mengenai 10 program utama Kementerian Pertanian. Salah satu program tersebut, yaitu Kostratani merupakan program yang dilaksanakan BPPSDMP. Kostratani merupakan gerakan optimalisasi lembaga penyuluhan, sekaligus sebagai pusat pelaksanaan program-program Kementerian Pertanian.

Dalam Kostratani Bustanul mengatakan, penyuluh merupakan ujung tombak kostratani dan pembangunan pertanian di lapangan. Kostratani menjadi pusat data informasi, pusat gerakan pembangunan pertanian, pusat pembelajaran, pusat konsultasi agribisnis dan pusat pengembangan jejaring kemitraan. “Saya ingatkan lagi untuk selalu bekerjasama dan berkorporasi, karena sukses bersama lebih baik dibanding sendiri-sendiri,” kata Bustanul mengingatkan.

 

Reporter : BBPP KETINDAN
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018