Sunday, 05 April 2020


Sinergi Cegah Covid-19, Ini Pesan Kepala BPPSDMP kepada UPT

19 Mar 2020, 10:33 WIBEditor : Yulianto

Teleconfrence BBPP Ketindan | Sumber Foto:BBPP Ketindan

Prof. Dedi meminta kepada seluruh UPT untuk menerapkan protokol kewaspadaan terhadap virus, kurangi bersentuhan bersalaman tangan, untuk sementara salam jarak jauh dan perbanyak e-learning

TABLOIDSINARTANI.COM, Malang---Penyebaran virus Corona (Covid 19) yang masif harus diwaspadai tingkat tinggi. Karena itu Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), Prof. Dedi Nursyamsi pun mengingatkan kepada Unit Pelayanan Teknis (UPT) di bawah BPPSDMP untuk melakukan beberapa hal.

 Saat teleconference dengan UPT dalam upaya mencegah penyebaran virus corona, Prof. Dedi mengatakan, SDM Pertanian adalah kekuatan paling utama untuk pertanian Indonesia. Karena itu  jaga SDM pertanian dari penyebaran virus Corona,” tegas Kepala BPPSDMP saat menyapa semua jajaran BPPSDMP, baik UPT dan Unit Kerja di pusat dan daerah secara online dengan memanfaatkan teknologi 4.0 di ruangan Agricultural Operation Room (AOR).

Untuk itu, Prof. Dedi meminta kepada seluruh UPT untuk menerapkan protokol kewaspadaan terhadap virus, kurangi bersentuhan bersalaman tangan, untuk sementara salam jarak jauh dan perbanyak e-learning. “Kita harus menyikapi secara proporsional artinya tidak boleh panik, tapi tidak menganggap enteng,” ujarnya.

Karena itu ia meminta tiap UPT menyediakan hand santizer di tempat-tempat titik kritis virus Corona, terutama di tempat yang bisa menempel seperti alat absensi. Gunakan hand sanitizer, baik sebelum dan sesudah melakukan absensi finger scan.

Prof. Dedi juga menghimbau  agar alat finger scanner dibersihkan 4 kali. Saat sebelum dan sesudah absensi kedatangan, serta saat sebelum dan sesudah absensi pulang.Terapkan pola hidup bersih dan sehat, virus cepat berkembang ditempat yang tidak bersih,: tegasnya.

Selain itu Prof. Dedi juga meminta agar setiap gedung/kantor untuk menyediakan pengukur tubuh dan hand sanitizer. Untuk mereka yang di atas 37 derajat celcius,  sebaiknya kerja di rumah terlebih dahulu jangan ke kantor dan cek ke rumah sakit bila deman tinggi.

Perbanyak juga tempat cuci tangan baik di lobby, kelas-kelas dan ruang pelatihan, setiap masuk ruangan cuci tangan terlebih dahulu. Tidak boleh tidak ada hand sanitizer atau tempat cuci tangan yang tidak ada sabunnya,” paparnya.

Satu hal lagi yang diingatkan Kepala BPPSDMP adalah UK/UPT agar menunda dan memperhatikan kembali kegiatan yang mengumpulkan banyak orang. Misalnya, pertemuan, seminar, workshop, bimtek, berkemah, berwisata, dan sebagainya sampai batas waktu yang nanti akan diumumkan kembali.

Menindaklanjuti arahan dan himbauan Kepala BPPSDMP, Sumardi Noor selaku Kepala BBPP Ketindan menegaskan akan segera menindaklajuti arahan tersebut dan mengumpulkan semua pejabat struktural dan fungsional untuk melakukan apa yang telah diinstruksikan tersebut.

Selain itu Sumardi juga menghimbau agar kegiatan yang dijalankan dan akan dilaksanakan ditunda dengan adanya penyebaran virus Corona ini. “Jajaran di BBPP Ketindan agar menjadwalkan ulang kegiatan sampai ada arahan kembali dari Kepala BPPSDMP,” katanya.

Reporter : BBPP KETINDAN
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018