Saturday, 06 June 2020


Kostratani Jaga Demplot Inpari IR Nutri Zinc di NTT di Tengah Merebaknya  Virus Covid 19

28 Mar 2020, 15:16 WIBEditor : Ahmad Soim

Demplot padi Inpari Ir Nutri Zinc | Sumber Foto:Dok

 

 TABLOIDSINARTANI.COM - Nusa Tenggara Timur (NTT) kawal ketat Demplot penanaman padi Varietas Inpari jenis IR Nutri Zinc yang kaya Zn. Varietas ini punya harapan besar untuk mengatasi kekurangan gizi Zinc dan meminimalisir stunting di Indonesia. 

 

Penyuluh pertanian Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Nusa Tandon, Kabupaten Flores Timur tetap semangat mengawal demplot padi jenis tersebut yang setengah bulan lagi akan panen di tengah maraknya virus corona. Mereka menerapkan anjuran yang gencar disampaikan oleh Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo [SYL] beserta jajarannya agar penyuluh dan petani bekerja bahu-membahu untuk terus melakukan aktifitasnya mempertahankan ketahanan pangan.

 

Inpari IR Nutri Zinc mempunyai banyak kelebihan dibanding beberapa varietas lain dalam hal kandungan Zn. Berdasarkan data deskripsi yang dikeluarkan Surat Keputusan Menteri Pertanian tahun 2019, bahwa kandungan Zn pada varietas tersebut sebesar 34,51 ppm sementara varietas lain seperti Ciherang memeiliki kandungan 24.06 ppm. Keunggulan itulah diharapkan dapat turut mensukseskan program pemerintah dalam mengatasi kekurangan gizi  Zinc dan meminimalisir stunting di Indonesia.

 

Kementan di bawah koordinasi Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Prof Dedi Nursyamsi dan monitoring jarak jauh oleh Kepala Pusat Penyuluhan Pertanian (Pusluhtan) Dr Lely Nuryati  terus optimalkan SDM pertanian untuk menggenjot produksi dan produktivitas pertanian, dengan menjaga jarak dalam beraktivitas dan tetap menjalani aturan aturan yang dianjurkan. 

 

BPP Nusa Tandon mengembangkan demplot tanaman padi Varietas Inpari Ir. Nutri Zinc dimaksudkan untuk memberi contoh kepada petani untuk budidaya baik dan tepat. Pada akhirnya dapat mengurangi masalah stunting yang masih ditemukan di masyarakat.  

 

Para penyuluh mengembangkan demplotnya mulai dari persemaian menggunakan benih sesuai rekomendasi yang telah ditentukan. Jarak tanam yang diterapkan 25 x 25 Cm. Pupuk urea 35 Kg untuk pupuk dasar dan dikombinasikan pupuk organik cair nasa sekitar 500 ml diberikan secara bertahap mengikuti rekomendasi. Kondisi tanaman sampai saat ini dalam kondisi baik karena penyuluh tetap menjaga tanaman dari serangan hama. Rencana panen akan dilakukan tanggal 15 April 2020. Selanjutnya, proses pemindahan mulai dari persemaian ke lahan pertanaman dilakukan sesuai dengan pengalaman petani dan kondisi setempat. 

 

Demplot atau Demontration Plot adalah suatu metode penyuluhan pertanian kepada petani, dengan cara membuat lahan percontohan, agar petani bisa melihat dan membuktikan terhadap objek yang didemontrasikan. Demplot bisa berupa inovasi teknologi budidaya, VUB (Varietas Unggul Baru), Pemupukan dan lain-lain, disesuaikan dengan demografi wilayah tersebut. 

 

 

Reporter : Yulia
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018