Wednesday, 10 August 2022


Polbangtan Kementan Berstandar Sekolah Vokasi

10 May 2020, 07:36 WIBEditor : Ahmad Soim

Dasril Rangkuti | Sumber Foto:Som

TABLOIDSINARTANI.COM - Wakil Ketua Komisi Tetap Pelatihan dan Ketenagakerjaan Kadin Indonesia  Dasril Rangkuti mengatakan Kurikulum Sekolah Vokasi yang diselenggarakan Kementerian Pertanian sudah bagus. Ada standar kompetensinya. Di bawah Kementerian Pertanian sudah ada 13 Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP).

Untuk terus meningkatkan kualitas Polbangtan, Dasril meminta agar para dosen di Poletiknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) di bawah Kementerian Pertanian dimagangkan agar mereka tidak sekedar memberikan teori, namun teori yang memng aplikatif di lapangan.

Kepala Pusat Pendidikan Pertanian Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Kementerian Pertanian Ida Widhi Arsanti  mengatakan kurikululum sekolah vokasi Polbangtan di bawah Kementan terdiri dari 30 persen teori diberikan di ruang kelas pada tahun pertama.

“Kegiatan praktek sebanyak 70 persen, diberikan pada tahun ke-2 sampai tahun ke-4. Khusus praktek di dunia Industri diberikan pada tahun ke-3 dan ke-4,” tambah Ida Widhi Arsanti pada Diskusi Online Menyiapkan SDM Pembangunan Pertanian dan Peternakan Unggul Menyongsong Indonesia Emas 2045.  Di Polbangtan sudah memiliki kurikuler berupa teaching factory dan Kegiatan dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI).

Sedangkan co-kurikuler yang diselenggarakan Polbangtan di antaranya Pengembangan Wirausaha Muda Pertanian (PWMP), Sakataruna Bumi, Budaya Pertanian, Bina Fisik, Keagamaan, Pembinaan dan Tata Lingkungan. Ekstrakurikulernya berupa olagraga, kesenian, kegemaran, keilmuan dan keagamaan.

Dekan Fakultas Peternakan Universitas Gajah Mada Prof Ali Agus sebagai pembahas dalam diskusi ini menambahkan untuk menyiapkan SDM Pertanian dan Peternakan Unggul kualitas SDMnya diharapkan berkarakter 40 persen pintar secara akademik, 30 persen memiliki skli manajerial atau organisasi, dan 30 persen memiliki konsen dan empati pada bidang sosial.

Reporter : Som
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018