Sunday, 06 December 2020


Dorong Percepatan Tanam, Plt Irjen Kementan Ingatkan Penyuluh Harus Hadir

16 Jun 2020, 14:41 WIBEditor : Yulianto

Plt. Irjen Kementan, Sumardjo Gatot Irianto saat berkungjung ke Desa Kuala Sekampung, Kecamatan Sragi, Lampung Selatan | Sumber Foto:Indrastari

TABLOIDSINARTANI.COM, Kalianda---Kementerian Pertanian mendorong percepatan tanam guna mengantisipasi datangnya musim kemarau dan ancaman krisis pangan. Untuk itu kehadiran petugas, khususnya penyuluh pertanian, sangat penting bagi petani.

Demikian ditegaskan Plt. Inspektur Jenderal Kementerian Pertanian, Sumardjo Gatot Irinato saat megunjungi Desa Kuala Sekampung, Kecamatan Sragi, Lampung Selatan.

“Disni pentingnya petugas hadir ditengah-tengah petani untuk mendorong percepatan tanam. Potensi tanam jangan disia-siakan, lahan cukup bagus, air tersedia dan benih juga ada. Harus ada gerakan percepatan tanam pada bulan ini,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut Gatot juga menghimbau agar bantuan dari Kementerian Pertanian seperti ferosemen yang merupakan teknologi konstruksi alternatif dalam penyediaan suplai air agar dimanfaatkan dengan baik. Selain itu, alsintan yang telah disalurkan dari pusat harus segera dimanfaatkan untuk kepentingan petani.

Lampung Selatan sedniri tengah mengejar ketertinggalan tanam padi pada Juni 2020. Dari target tanam seluas 27.000 ha berdasarkan hasil rakor percepatan luas tambah tanam yang dilaksanakan di Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Provinisi Lampung, Hajimena (15/6), saat ini telah terealisasi seluas 8.722 ha.

Sementara itu Kepala UPT Penyuluh Pertanian Kecamatan Sragi, Eka Saputra mengungkapkan, persemaian untuk mendukung pertanaman sudah dilakukan. Saat ini pihaknya telah menurunkan alsintan untuk memulai pengolahan tanah. “Seluas 2.532 ha akan tertanam, paling lambat awal Juli yang akan datang,” katanya.

Taman, anggota DPRD Kabupaten Lampung Selatan yang juga merupakan mantan Ketua Gapoktan di Sragi mengungkapkan, pihaknya akan turut menggerakkan percepatan tanam. “Kita akan saling sinergi dan mendrorong agar gerakan percepatan tanam di daerah ini tidak menghadapi kendala, sehingga petani dapat tanam sesuai jadwal,” harapnya.

 

 

 

Reporter : Indrastari
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018