Thursday, 02 July 2020


Kolaborasi Antar Petani Milenial, Perkuat Pertanian Indonesia

01 Jul 2020, 11:53 WIBEditor : Gesha

Mahasiswa Polbangtan Bogor (kiri) dan salah satu duta petani milenial asal Tasikmalaya, Iip Irpan | Sumber Foto:ISTIMEWA

TABLOIDSINARTANI.COM, Tasikmalaya --- Kolaborasi antar petani milenial menjadi harapan dari Kementerian Pertanian (Kementan) agar mampu memperkuat pertanian Indonesia agar lebih maju, mandiri dan modern.

Seperti yang dilakukan salah satu duta milenial asal Tasikmalaya, Iip Irpan. Sebagai Duta Petani Milenial ia bertekad untuk selalu memberi sumbangsih kepada para petani melalui edukasi meskipun di tengah kondisi pandemi.

Dengan segudang prestasi yang dimilikinya beliau ingin kedepan berkolaborasi dengan berbagai pihak dengan sistem satu pintu pemasaran berbasis ekspor. Selain produk hortikultura, Iip Irpan juga menjadi Ketua P4S Tazmal Farm Okiagaru yang beralamat di dusun Sindangjaya RT 09 RW 01 Kecamatan Padakembang Kabupaten Tasikmalaya.

Sebagai bagian dari petani milenial. mahasiswa Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor berkesempatan belajar dan berkolaborasi langsung dengan Iip Irpan. Salah satunya adalah mahasiswa semester 2 Program Studi Penyuluhan Peternakan dan Kesehatan Hewan (PPKH) Polbangtan Bogor, Acep Adinda Nugraha.

Dirinya mengaku sangat bahagia bisa mendapat masukan dan ilmu yang sangat banyak. Ia juga turut membantu budidaya penetasan Puyuh di P4S Tazmal Farm, serta bukan hanya belajar mengenai peternakan. lmu pertanian ia belajar dan terjun langsung bersama, dengan kegiatan menyemai padi. Pada dasarnya menyemai benih padi dilakukan hanya untuk mendapatkan bibit padi berkualitas sebelum dapat dipindahtanamkan ke lahan budi daya.

Selain itu juga Acep Ingin bersinergi untuk mensukseskan program YESS karena daerah Kabupten Tasikmalaya sangatlah strategis. Di perlukan semangat dan tekad untuk mengembangkan wirausaha muda yang bisa merangkul pemuda di sekitarnya.

Aspek kolaborasi dan kerjasama antar petani milenial inilah yang diharapkan oleh Kementerian Pertanian untuk menciptakan pertanian Indonesia yang maju, mandiri dan modern. Terutama dalam ketersediaan pangan dan regenerasi petani di masa depan.

Reporter : Dikma Nesavv
Sumber : Polbangtan
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018