Saturday, 19 September 2020


Mahir Bertani Hidroponik, Aktivis Balkot Farm Berbagi Ilmu ke Serikat Pekerja

14 Aug 2020, 15:40 WIBEditor : Gesha

Pelatihan hidroponik | Sumber Foto:Istimewa

TABLOIDSINARTANI. COM, Jakarta - - Keberhasilan budidaya tanaman sayuran, buah, tanaman obat/toga di lahan seluas 200 meter di Gedung Gubernur Jakarta tidak terlepas dari sentuhan tangan terampil para penggiat Pertanian Perkotaan (Urban Farming). Berkat keahliannya, aktivis Balkot Farm ini sering diundang menjadi narasumber terkait Pertanian Perkotaan, khususnya cara bertani sistem hidroponik yang kini makin populer.

Seperti yang dilakukan oleh pengelola RPTRA ANGGREK Kris Tri Rezeki bersama pengelola Gang Hijau Asmat, Iswaningsih dan pengelola RPTRA Bhinneka, Norma Santi yang memberikan pelatihan hidroponik untuk Federasi Serikat Pekerja Farmasi dan Kesehatan Reformasi  di Jakarta, Rabu (5/8).

Secara bergantian keduanya berbagi materi pelatihan mengenai hidroponik mulai dari cara menyemai, pindah tanam dengan memanfaatkan bahan-bahan yang mudah didapatkan. Tak hanya teknis hidroponik, pelatihan juga diajari teknik pengolahan hasil panen sayur menjadi minuman bergizi “smoothies pakchoy”.

“Kepadatan penduduk dan keterbatasan lahan di Jakarta membuat hidroponik menjadi penting dalam pembangunan pertanian perkotaan, “ kata Kris Tri Rezeki.

Hidroponik semakin terkenal di masyarakat perkotaan karena mudah dipelajari dan tidak memerlukan lahan luas untuk budidayanya. Hasil tanaman pun lebih bersih, lebih renyah, dan sehat.

“Pelatihan hidroponik yang diberikan oleh para praktisi Urban Farming ini sangat bermanfaat, karena anggota kami banyak yang harus bekerja di rumah (Work From Home) akibat pandemic Covid-19. Bertani hidroponik di samping mengisi waktu luang, juga sebagai sumber pangan sehat sekaligus berpotensi bisnis,” kata Ketua Umum Federasi Serikat Pekerja Farmasi dan Kesehatan Reformasi, Idris Idham.

Untuk diketahui, para penggiat Urban Farming ini tergabung dalam komunitas Balkot Farm yang merupakan miniature pertanian perkotaan. Terletak di perkantoran Balaikota, hasil kolaborasi beberapa SKPD/UKPD seperti Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP), Dinas Kominfotik, Biro Umum, dan didukung oleh PT Bank DKI. 

Reporter : Indri
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018