Saturday, 19 September 2020


BPP Kostratani Subang Siap Pasok Data ke AWR

19 Aug 2020, 15:43 WIBEditor : Gesha

Pelatihan input data untuk admin BPP di Kabupaten Subang | Sumber Foto:Istimewa

TABLOIDSINARTANI.COM, Subang - - - Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) yang menjadi bagian Komando Strategis Pembangunan Pertanian (Kostratani) di Kabupaten Subang siap memasok data pertanian untuk Agriculture War Room (AWR) di Kantor Pusat Kementerian Pertanian. 

Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian melalui Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor melakukan Sosialisasi dan Bimbingan Teknis kepada 30 Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) di Kabupaten Subang secara online. 

Bimbingan teknis yang dipandu oleh Rudi Hartono dilakukan untuk mengembangkan kemampuan para admin teknologi informasi dari Balai Penyuluhan Pertanian selaku Komando Strategis Pembangunan Pertanian (BPP Kostratani).

" Kedepannya melalui Agriculture War Room (AWR), admin BPP Kostratani diminta melaporkan data secara online ke website http://laporanutama.pertanian.go.id. Data tersebut diantaranya komoditas strategis,  KUR, upaya peningkatan ekspor, Alsintan, penurunan LOSSES, jumlah UMKM pertanian, jumlah petani milenial, kegiatan penurunan DRP, kegiatan penurunan stunting, investasi, penyerapan TK program kementan dan kegiatan BPP, " jelasnya.

Adapun kegiatan input data dilakukan seminggu sekali, setiap hari Jumat pagi, sebagai akumulasi kegiatan dalam satu minggu.

"Data yang disediakan adalah laporan program utama Kementan, dari Kostratani sampai dengan Kostratanas. Laporan ini disampaikan ke AWR yang ada di Kementan secara real-tim," seperti arahan arahan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi dalam setiap kesempatan. 

Dosen Polbangtan Bogor, Adang Warya sebagai koordinator wilayah Subang bersama tim terus mendampingi input data oleh admin BPP. “Maju terus pantang mundur, bersama kesulitan ada kemudahan, kita pasti bisa”, seru Adang kepada para admin BPP di Subang.

Respon yang positif datang dari penyuluh serta admin BPP, mereka merasa bersyukur dan berterima kasih, melalui pengawalan ini, kendala yang dihadapi saat input data dapat langsung teratasi. Hal ini dilakukan demi terwujudnya single data pertanian seperti yang selalu dicanangkan oleh Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, “Kostratani merupakan bentuk optimalisasi tugas fungsi dan peran BPP dengan memanfaatkan IT. Tujuannya, untuk mewujudkan single data pertanian menuju kedaulatan pangan,” tutur Mentan SYL dalam arahannya mengenai Kostratani

Reporter : Rifa Rafi’atu SW
Sumber : Polbangtan Bogor
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018