Wednesday, 27 January 2021


Tingkatkan Layanan Informasi, PPMKP Ciawi Gelar Pelatihan Menulis Berita

07 Sep 2020, 10:08 WIBEditor : Yulianto

Peserta pelatihan jurnalistik di PPMKP, Ciawi | Sumber Foto:Regi

TABLOIDSINARTANI.COM, Bogor---Sebagai salah satu lembaga pemerintah, Kementerian Pertanian terus mendorong peningkatan pelayanan publik. Salah satunya dengan penderasan informasi ke masyarakat. Untuk meningkatkan layanan informasi,  Pusat Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan Pertanian (PPMKP) Ciawi, Bogir menggelar Workshop Menulis Berita Populer di Kompleks Bumi, Ciawi, Selasa (1/9)

Pelatihan sehari itu dibuka Kepala Bagian Umum PPMKP, Rita Setiawati SP. MM dan diikuti 25 peserta dari pejabat fungsional widyaiswara, pustakawan, arsiparis dan pegawai lainnya.  Kegiatan workshop berjalan dengan mematuhi protokol kesehatan. Seluruh peserta menjaga jarak duduk dan menggunakan masker

Adapun dua narasumber, yakni Yulianto dari Tabloid Sinar Tani dan Syahrul Munir dari Gemaliterasi Selaras.  Kepala Bagian Umum PPMKP, Rita Setiawati SP. MM. mengatakan, pelatihan menulis berita bagi pegawai internal ini digelar guna meningkatkan pelayanan informasi publik.

Salah satunya dengan peningkatan kompetensi menulis dikalangan aparatur sipil negara (ASN), sehingga bisa berperan aktif dalam perderasan informasi publik.  Hal ini sesuai dengan amanat UU No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Peraturan Menteri Pertanian Nomor 25 Tahun 2016 tentang Pengelolaan dan Pelayanan Informasi Publik lingkup Kementerian Pertanian.

"Ini sekaligus arahan Kepala BPPSDMP untuk senantiasa mengimplementasikan perderasan informasi publik,” kata Rita saat membuka pelatihan di Ciawi Bogor, Selasa (1/9).  Rita menambahkan, PPMKP berkomitmen untuk membangun keterbukaan informasi publik dan menjadi bagian dari roh kegiatan di lingkungan kerja. Harapannya layanan publik, terutama dalam memenuhi kebutuhan informasi bisa optimal.

Para peserta terlihat antusias dan atraktif mengikuti jalannya pelatihan. Di bagian akhir pelatihan, masing-masing peserta diminta membuat naskah berita dengan tema seputar pelatihan menulis.  Praktek menulis ini menjadi sesi terakhir sebelum penutup dengan durasi waktu yang diberikan 10 menit. Seluruh peserta mengeksekusi dan merampungkan tugas menulis sesuai aturan.

 

Reporter : Viera R. Adia/Regi (PPMKP Ciawi)
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018