Monday, 28 September 2020


Percepat Regenerasi Petani, Bupati Tanah Laut Siap Dukung Program YESS

14 Sep 2020, 10:52 WIBEditor : Gesha

Percepat regenerasi petani melalui YESS | Sumber Foto:ISTIMEWA

TABLOIDSINARTANI.COM, Tanah Laut ---  Dalam menghadapi perkembangan dan persaingan pasar khususnya komoditas pertanian dibutuhkan dukungan dari sumberdaya manusia yang potensial. Peran generasi muda atau yang lebih dikenal dengan generasi milenial sudah menjadi keharusan dalam mendukung pembangunan pertanian. 

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo selalu mengungkapkan sudah saatnya tongkat estafet pembangunan pertanian dilanjutkan oleh generasi millenial yang memiliki pemikiran maju, modern, memiliki daya saing, mandiri dan tangguh. "Regenerasi petani merupakah hal mutlak yang harus segera dilakukan", ungkap Mentan SYL.

Untuk mempercepat regenerasi petani, Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP) mengupayakan beberapa program. Salah satunya adalah Program YESS (Youth Enterpeneurship and Employment Support Services) yang merupakan program kewirausahaan yang dilaksanakan oleh Kementerian Pertanian dengan dukungan pendanaan oleh IFAD (International Fund for Agricultural Development). 

Program tersebut mulai diluncurkan sejak bulan Oktober 2019 pada 4 propinsi sebagai pilot yaitu Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Jawa Barat dan Jawa Timur. Di Kalsel, fokus pelaksanaan YESS adalah di Kabupaten Banjar, Tanah Bumbu dan Tanah Laut.

Sebagai upaya untuk mensosialisasikan program serta memperoleh dukungan dari pemerintah daerah, maka pengelola Program YESS di tingkat propinsi (PPIU) Kalsel yang dikomandani oleh Kepala SMKPP Banjarbaru Budi Santoso, beserta tim mengadakan kunjungan dan silaturahmi ke Bupati Tanah Laut pada hari Jum'at, 11 September 2020.

Kunjungan tersebut didampingi oleh  Wakil Direktur Program YESS yang juga Kabid Program Pusat Pendidikan Pertanian Setya Budi Udrayana. Pria yang  akrab disapa Uud ini menyampaikan garis besar rancangan program YESS dengan sasaran utama pemuda berusia antara 19-39 tahun yang berminat terjun ke bidang pertanian, serta permohonan dukungan dari Bupati beserta jajarannya terhadap keberhasilan regenerasi petani melalui implementasi YESS di Kab Tanah Laut.

Bupati Tanah Laut, Haji Sukamta, menyatakan sangat menyambut baik dan siap mendorong suksesnya program kewirausahaan ini, hal tersebut disampaikan saat  memberikan arahan kepada Tim PPIU (Provincial Programe Implementation Unit) YESS Propinsi Kalimantan Selatan di ruang kerjanya. 

Lebih lanjut Sukamta menyatakan kesungguhan dalam melaksanakan program, koordinasi yang baik, serta dukungan pemerintah dan stake holder dalam implementasi kegiatan merupakan beberapa hal yang harus didorong demi tercapainya tujuan regenerasi petani.

Dalam kesempatan terpisah, Sekretaris Dinas Pertanian Kab TaLa Iwan Persada pun menyatakan siap mendukung kesuksesan program serta bersedia untuk menjembatani antara pengelola dan instansi terkait, serta akan membantu pelaksanaan dilapangan.

Reporter : Lely
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018