Saturday, 24 October 2020


Dekati Emak-Emak, BPP Pagelaran Bangkitkan Pekarangan Rumah

12 Oct 2020, 10:27 WIBEditor : Gesha

BPP Pagelaran, Malang memberdayakan emak-emak | Sumber Foto:ISTIMEWA

TABLOIDSINARTANI.COM, Malang --- Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Pagelaran, Kab. Malang sebagai salah satu BPP Model Kostratani berkomitmen lebih dekat dengan seluruh lapisan masyarakat tani, termasuk para ibu-ibu rumah tangga, salah satunya dengan membangkitkan kembali pekarangan rumah warga untuk pemenuhan pangan.

Anjuran tinggal di rumah, kerja dari rumah dan produktif dari rumah sepertinya disambut sangat baik oleh Kementerian Pendidikan Nasional. Melalui salah satu dirjennya, dibuatlah program Pelatihan Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW). Salah satu lokasi kegiatan program tersebut berada di Desa kademangan Kecamatan Pagelaran Kabupaten Malang. Walhasil, kolaborasi Kementerian Pendidikan dan Kementerian Pertanian dilakukan dalam menyuksesan program pelatihan tersebut.

Penyuluh pertanian Desa Kademanga, WInarni yang menjadi narasumber dan pelatih dalam pelatihan wirausaha bagi ibu-ibu rumah tangga tersebut menuturkan pelatihan ini kedua kali dilakukannya. “Dulu awal mulanya Kepala Lembaga Pendidikannya dikenalkan ke saya oleh salah seorang petani, karena kebetulan materinya tentang pertanian. Pada pelatihan yang kedua kali ini pesertanya ibu-ibu dengan usia sekitar 18-45 tahun. Materinya tentang pentingnya pemanfaatan pekarangan rumah, pembuatan bokashi, pupuk takakura (kompos limbah rumah tangga), persemaian, hidroponik sederhana, pestisida nabati hingga panen dan pasca panen," bebernya.

Bahkan di akhir pelatihan, ada materi yang banyak diminati di masa pandemi covid-19 yaitu budidaya ikan lele dalam ember (budikdamper) dan intensifikasi ayam buras. Tak hanya materi pelatihan semata, peserta pelatihan yang merupakan emak-emak ini juga disisipkan materi dinamika kelompok atau ice breaking. “ Metode ini wajib untuk sistem belajar orang dewasa (andragogy). Di awal pelatihan saya gunakan ‘tepuk perkenalan’, agar para peserta lebih semangat," tutur Winarni.

Koordinator BPP Kecamatan Pagelaran Dwi Sumular, SP mengapresiasi penyuluh wilbin Kademangan yang turut aktif mengajak masyarakat untuk berkontribusi pada pangan, sekalipun hanya memanfaatkan pekarangan.

Bahkan dirinya merancang jika dalam jangka menengah, emak-emak tersebut dilatih agar pekarangannya ada empon-empon dan bunga beraneka ragam. "Dimana orang yang melihat jadi terhibur dan lebih rileks serta penataan semua infrastrukturnya seperti alat olahan pangan. Sekali lagi ini acara sangat bagus dan mudah-mudahan hasilnya juga bagus untuk semua," pungkasnya.

 

 

 

Reporter : Kiswanto
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018