Sunday, 29 November 2020


Ayo Penyuluh Mulai Persiapkan Dokumen Penyuluhan

26 Oct 2020, 11:47 WIBEditor : Gesha

Penyuluh ke depan juga harus mengikuti perkembangan teknologi | Sumber Foto:Dok. Sinta

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta --- Menjelang assesment penyuluh untuk menjadi tenaga Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di November 2020, penyuluh wajib menyediakan aneka dokumen pendukung yang akan menjadi portofolio mereka dalam proses asesment.

Kepala Pusat Pelatihan Pertanian, Bustanul Arifin Caya menegaskan, proses yang dilakukan Kementerian Pertanian ini bukanlah upaya untuk mempersulit THL-TBPP memperoleh PPPK. "Justru proses tersebut merupakan upaya untuk membantu penyuluh mendapatkan sertifikasi kompetensi penyuluhan pertanian," jelasnya dalam Ngobrol Asyik Penyuluhan (Ngobras) Spesial "Sosialisasi Peningkatan Kapasitas Penyuluh Pertanian: Sertifikasi Kompetensi Penyuluh THL TBPP menjadi PPPK", Senin (26/10).

Bustanul menuturkan, assesment akan dilakukan di 9 Tempat Uji Kompetensi (TUK) Balai Pelatihan dan 7 Polbangtan se-Indonesia. Khusus untuk yang remote area, pihaknya akan menunjuk TUK sewaktu, agar penyuluh bisa mengikuti assesment. Adapun proses assesment sertifikasi kompetensi penyuluh pertanian dilakukan dengan metode portofolio dan wawancara sehingga penyuluh diharapkan mempersiapkan beragam dokumen pendukung assesment.

Untuk unit kompetensi Programa Penyuluhan Pertanian, portofolio yang harus disiapkan adalah Surat Keterangan telah terlibat dalam menyusun Programa Penyuluhan Pertanian dari Kepala BPP; atau Programa Kecamatan/ Desa yang pernah disusun selama tiga tahun terakhir.

Sedangkan unit kompetensi Penyiapan Materi Penyuluhan Pertanian, penyuluh harus mempersiapkan dokumen tentang materi penyuluhan yang pernah dibuat selama tiga tahun terakhir, sekurang-kurangnya  5 judul / topik.

Untuk unit kompetensi penerapan Media Penyuluhan Pertanian, wajib mempersiapkan dokumen Media Penyuluhan Pertanian yang pernah digunakan selama tiga tahun terakhir, sekurang-kurangnya 3 macam. Begitupula unit kompetensi Metode Penyuluhan Pertanian, penyuluh wajib melampirkan bukti melaksanakan aktivitas penyuluhan dapat dalam bentuk printing material/dokumen, video, dan foto yang telah disahkan oleh atasan langsung atau kesaksian dari pihak ketiga lainnya.

Sedangkan unit kompetensi evaluasi Pelaksanaan Penyuluhan Pertanian, penyuluh harus melampirkan laporan kegiatan Melaksanakan Evaluasi Penyuluhan Pertanian, sekurang-kurangnya tiga (3) tahun terakhir.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Reporter : Nattasya
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018