Sunday, 29 November 2020


Kementan Berikan Bimtek Tata Kerja BPP Kostratani  untuk Para Koordinator Penyuluh

21 Nov 2020, 17:04 WIBEditor : Ahmad Soim

Bimtek untuk koordinator penyuluh se-Gorontalo tentang tata kerja BPP Kostratani | Sumber Foto:Ricky

 

TABLOIDSINARTANI.COM, Gorontalo – Kepala Badan  BPPSDMP Dedi Nursyamsi dalam arahannya secara virtual dalam Bimbingan Teknis untuk Koordinator Penyuluh Pertanian se-Gorontalo mengatakan Penyuluh Pertanian adalah otaknya petani, jadi kalau petaninya pintar penyuluhnya pasti pintar.

Artinya Penyuluh Pertanian sumber inspirasi petani, Penyuluh Pertanian referensinya petani, baik buruknya petani mencerminkan penyuluhnya. Jadilah penyuluh yang pintar, agar para petani pintar. Penyuluh adalah kopasusnya (pasukan khusus) pertanian.  maka penyuluh pertanian harus memiliki kemampuan, keahlian, dedikasi dan semangat di atas rata-rata untuk mensukseskan pembangunan pertanian di Indonesia,” tambahnya dalam Bimbingan  Teknis  bagi Koordinator Penyuluh Pertanian yang ditugaskan di Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) kostratani lingkup Prov Gorontalo (19-20/11/20).

Disampaikannya bahwa  BPP KostraTani merupakan Pusat Pembelajaran dengan metoda kursus tani, sekolah lapangan, demo tanam (Demplot) melalui perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan bimbingan lanjutan.

"Dari metoda tersebut, dapat diketahui kebutuhan belajar, penetapan jadwal, tujuan belajar, lokasi, materi dan sarana pembelajaran, fasilitator dan penajaman CP/CL maupun Simluhtan," kata dia.

Tata Kerja Kostratani

Dia menambahkan terkait wilayah kerja penyuluhan, maka BPP yang wilayah kerjanya satu kecamatan, Kostrataninya dipimpin oleh camat dan yang menjadi ketua harian adalah Koordinator BPP di wilayah kerjanya.

"Sementara BPP KostraTani yang memiliki wilayah kerja lebih dari satu kecamatan, dipimpin oleh camat. Koordinator BPP menjadi ketua harian KostraTani di seluruh wilayah kerja BPP," .

Ketua harian KostraTani, tambahnya, dalam melaksanakan tugasnya dapat menunjuk penyuluh yang kompeten sebagai 'perpanjangan tangan' di wilayah kerja kecamatan lainnya.

 "BPP KostraTani menjadi sekretariat dari beberapa kecamatan wilayah kerjanya dan penetapan ketua, ketua harian, sekretaris, dan anggota berdasarkan keputusan bupati/walikota mengacu pada Permentan Nomor 49 Tahun 2019

Hal itu merupakan pengejawantahan dari instruksi Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo agar dapat secara langsung memantau perkembangan produksi dan produktivitas komoditas strategis dari seluruh Indonesia melalui BPP KostraTani terhubung online ke Agriculture War Room (AWR) di Jakarta, kantor pusat Kementan.

Dr. Leli Nuryati Kepala Pusat Penyuluhan Pertanian saat menutup Bimtek ini mengatakan Kostratani adalah pusat kegiatan pembangunan pertanian tingkat kecamatan, yang merupakan optimalisasi tugas, fungsi dan peran Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) dengan memanfaatkan IT dalam mewujudkan kedaulatan pangan nasional.

Kabar gembira bagi penyuluh pertanian, Kostratani sebagai optimalisasi BPP dengan mempergunakan informasi teknologi. akan dilengkapi Perangkat IT di BPP seluruh lingkup Provinsi Gorontalo diharapkan proses belajar mengajar dapat  dilakukan secara intensif di Kostratani.Peran kostratani sebagai Pusat data dan informasi; Pusat gerakan pembangunan pertanian; Pusat pembelajaran; Pusat Konsultasi Agribisnis dan Pusat Pengembangan jejaring kemitraan. Kostratani sebagai pusat data dan informasi mengidentifikasi dan verifikasi data kelembagaan petani di wilayah binaan penyuluh pertanian, sehingga data valid dan akurat. Data tersebut dapat di melalui SIMLUHTAN. Menteri Pertanian setiap Jumat  pukul 08.00 WIB sampai dengan 10.00 WIB  melalui kegiatan “sapa penyuluh dan petani”  melalui AWR bersedia menyapa penyuluh dan petani.

Lely  Nuryati   mengingatkan pentingnya aplikasi Laporan Utama Kementan, agar petugas Admin didukung sinergi petani dan penyuluh dapat melakukan input data komoditas strategis secara akurat dan terkini.

"Dengan input data pada aplikasi tersebut, perkembangan kegiatan usahatani komoditas strategis dapat terlaporkan dan dipantau langsung oleh seluruh jajaran pimpinan pertanian baik di tingkat kabupaten dan kota maupun provinsi hingga ke Kementan," kata Lely Nuryati

Kepala Bidang Program dan Evaluasi pada Pusat Penyuluhan Pertanian Riza Fahrizal menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan meningkatkan wawasan dan kemampuan seluruh  koordinator penyuluh pertanian yang berada di provinsi Gorontalo dalam  layanan  kepada petani di BPP kostratani masing-masing serta  mengoptimalkan  peran dan fungsi  BPP. Materi bimbingan teknis  berupa sosialisasi petunjuk teknis  dan SOP BPP Kostratani, updatinng data pada aplikasi laporan utama pertanian dan SIMLUHTAN 

Kepala Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo, Mulajadi hadir membuka Bimbingan Teknis ini. Ikut hadir  Kepala BPTP Gorontalo,  Kepala Balai  Karantina Pertanian Kelas II Provinsi Gorontalo, dan  diikuti koordinator penyuluh pertanian dari 77 koordinator Balai Penyuluhan Pertanian se provinsi Gorontalo.

 Kepala Dinas Pertanian Prov lingkup Provinsi Gorontalo,  Muljadi mengatakan untuk  mengoptimalkan peran BPP Kostratani di seluruh  Provinsi Gorontalo BPP sebagai pusat kegiatan pembangunan pertanian di kecamatan agar dapat mendukung Kostratani lebih efektif dan dapat mensinergikan program pusat dan kegiatan daerah di masing masing lokasi lingkup provinsi Gorontalo

 "Melalui BPP KostraTani, kita ingin ketahanan pangan Indonesia semakin meningkat, sehingga kita bisa mandiri pangan. Pendapatan masyarakat pedesaan di Indonesia pun turut meningkat," kata Mentan Syahrul Yasin Limpo dalam berbagai kesempatan bertemu petani dan penyuluh dalam kunjungan kerjanya di daerah.

Reporter : Inang S dan Ricky
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018