Friday, 22 January 2021


Petani : Kami Haus Inovasi dan BPP Gebang Setia Dampingi

24 Nov 2020, 07:43 WIBEditor : Gesha

Poktan Tani Mulya I, Wali di lahan persawahan dekat BPP Gebang | Sumber Foto:BPP Gebang

TABLOIDSINARTANI.COM, Cirebon --- Adanya Komando Strategis Pembangunan Pertanian (Kostratani) di tingkat kecamatan, ternyata membawa dampak positif untuk petani. Apalagi untuk petani yang semakin haus akan inovasi pertanian. 

Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Gebang, Cirebon meskipun harus menggarap penyuluhan di dua kecamatan yakni Kecamatan Gebang dan Kecamatan Babakan, ternyata penyuluhnya bekerja dengan sepenuh hati untuk pertanian maju, mandiri dan modern.

“Pendampingan dengan penyuluh kami, Indra Lesmana berlangsung akrab dan hangat. Penyuluh Indra bahkan selalu datang di setiap pertemuan kami dan jika kami butuh solusi, penyuluh senantiasa memberikan solusi. Kita rutin lakukan pertemuan setiap Rabu, membahas pengairan dan pengamatan OPT dan pertumbuhan tanaman,” ungkap Ketua Poktan Tani Mulya 1, Wali yang menjadi salah satu petani binaan BPP Gebang.

Wali menuturkan lahan pertanian milik anggota kelompoknya kini sudah ada 30 hektar luasnya dan selalu ditanami padi-padi-palawija (jagung manis) dalam satu tahun. Dan selama itu juga, pendampingan penuh dilakukan oleh penyuluh dari BPP Gebang.

“Kami juga ada saung tani yang kita buat dengan pendampingan dari BPP Gebang. Di saung itu, kita berdiskusi dan berlatih pertanian, peternakan, hingga pengolahan. Kami libatkan juga petani milenial yang sebagian besar mendominasi Poktan Mulya I. Penyuluh BPP Gebang selalu aktif mendorong dan memberikan arahan bagi kami dan petani lainnya,” jelas Wali.

Dari saung tani itu juga, kini muncul Kelompok Wanita Tani (KWT) yang mengolah jagung manis menjadi berbagai camilan seperti susu jagung manis, puding jagung, hingga bolu jagung. Meskipun pemasarannya masih di tingkat lokal, tetapi petani senang sebab jagung manis bisa diolah menjadi lebih menguntungkan ketika harga anjlok di pasaran.

Wali juga masih ingat pendampingan dari Penyuluh BPP Gebang yang mengubahnya dari petani padi dengan sistem sebar menjadi menggunakan jajar legowo dan hasilnya menjadi jauh meningkat. Bahkan dengan luasan 30 hektar, kini sawahnya diolah dan dipanen menggunakan mekanisasi, sehingga ongkos produksi bisa ditekan.

Diakui Wali, Poktan Mulya I masih fokus pada budidaya padi (onfarm), tetapi tidak menutup kemungkinan untuk mulai menggarap olahan lainnya untuk meningkatkan kesejahteraan kelompoknya.

Haus Inovasi

Sebagai salah satu petani milenial di Kecamatan Gebang, Cirebon, Wali juga membuka wawasannya dengan banyak membaca informasi. Salah satunya adalah keinginan dari petani di daerahnya adalah ingin mencoba padi varietas Trisakti yang sudah terkenal dengan kemampuannya panen di usia 75 hari setelah tanam dan per hektarnya bisa mencapai 8 ton.

Untuk diketahui,Padi Varietas Trisakti adalah padi genjah yang ditemukan oleh formulator mikrobagoogle (migo) Prof. Dr. Ali Zum Mashar. Menurut pengalaman beberap petani yang pernah menanam padi Trisakti Hasil panen padi trisakti sangat bisa diandalkan. Dan rata-rata mereka puas akan hasil panennya yang cepat. Dari percobaan, dilahan dengan luasan 800 m persegi dapat dipanen hingga 14 karung dengan tingkat konversi ke gabah kering adalah 68%.

Di Kabupaten Merauke (Papua) dan Indra Giri Hilir (Riau) yang tanahnya asam, aplikasi benih padi Trisakti dan pupuk Bio 2000 Z yang kini dikenal dengan nama Mikroba Google (MIGO) terbukti bisa meningkatkan hasil produksi 2-4 kali lipat. Bahkan, di Indra Giri Hilir yang lahannya ekstrem, gambut payau, per hektar bisa menghasilkan 20 ton per hektar per tahun. Sementara petani sawit hanya menghasilkan 2 ton per tahun.

Dengan adanya padi Trisakti ini, petani bisa panen 4 kali dalam setahun dengan umur yang genjah dan hasil melimpah.  “Petani di Cirebon Barat sudah mencoba melalui demplot, kami di Cirebon Timur dengan bimbingan dari penyuluh BPP Gebang juga ingin mencobanya,” tutur Wali. 

Reporter : NATTASYA
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018