Saturday, 23 January 2021


Per Januari PPPK Hanya Dapat BOP Kementan

12 Jan 2021, 13:08 WIBEditor : Gesha

Petani dan Penyuluh | Sumber Foto:IVOOX.id

TABLOIDSINARTANI.COM, Bogor --- Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dari Penyuluh Pertanian per Januari 2021 ini digaji langsung oleh Pemerintah Daerah.

"Honorarium THL TBPP  yang sudah diangkat PPPK tidak boleh dibayarkan honornya. Tetapi BOP tetap dibayarkan," tegas Sekretaris BPPSDMP, Siti Munifah dalam Rapat Kerja Nasional BPPSDMP, Selasa (12/1) yang diikuti tabloidsinartani.com secara virtual.

Adapun dana BOP tersebut berasal dari dana Dekonsentrasi (dekon) dari total anggaran Pusat Penyuluhan Pertanian (Pusluhtan).

Munifah melanjutkan, SK PPPK yang sudah diangkat hingga sekarang sudah ada di Biro Hukum Kementerian Pertanian. Sedangkan untuk yang lainnya, masih menunggu dari BKN.

Untuk diketahui, Biaya Operasional Penyuluh (BOP) adalah satuan biaya yang digunakan untuk perencanaan kebutuhan biaya bantuan transportasi bagi penyuluh dalam rangka mengunjungi daerah binaannya sebagaimana dimaksud pada UndangUndang Nomor 16 Tahun 2006 tentang Sistem Penyuluhan Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan.

Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 119/PMK. 02/2020 Tentang Standar Biaya Masukan Tahun Anggaran 2021,  BOP Penyuluh Non PNS Wilayah Barat adalah Rp 320 ribu, wilayah Tengah adalah Rp 400 ribu dan wilayah Timur adalah Rp 480 ribu.

Sedangkan penggajiannya, berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 98 Tahun 2020 tentang Gaji dan Tunjangan PPPK. Ketetapan gaji PPPK juga diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 49 Tahun 2018 tentang Manajemen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). 

Disebutkan dalam regulasi tersebut, gaji PPPK sama dengan gaji PNS sesuai dengan pangkat golongannya dengan skema masa kerja golongan (MKG). Ini berbeda dengan sistem gaji honorer. 

Dengan menggunakan skema penggajian berdasarkan golongan sebagaimana yang berlaku pada PNS, gaji yang diterima PPPK akan mengalami kenaikan setelah golongan pegawai bersangkutan disesuaikan atau mengalami kenaikan.

Reporter : Nattasya
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018