Wednesday, 14 April 2021


Kepala BPPSDMP: Sinar Tani bagian Menu 4 Sehat, 5 Sempurna Penyuluh

02 Mar 2021, 11:57 WIBEditor : Yulianto

Tabloid Sinar Tani, menu 4 sehat 5 sempurna penyuluh pertanian | Sumber Foto:Julian

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta---Tabloid Sinar Tani selama ini telah menjadi bagian penting dalam penyuluh pertanian. Bahkan lahirnya Tabloid Sinar Tani tidak lepas dari keberadaan penyuluh pertanian.

Bahkan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), Prof. Dedi Nursyamsi mengatakan, Tabloid Sinar Tani merupakan forumnya penyuluh. Bahkan membaca Sinartani bukan hanya sarapan penyuluh, tapi juga bagian menu 4 sehat 5 sempurna

“Di dalam Sinartani bukan hanya infromasi pembangunan pertanian, juga dibahas apa yang harus dilakukan penyuluh, termasuk terkait tupoksi penyuluh di lapangan,” katanya saat acara Ngobrol Asik Penyuluhan di Jakarta, Selasa (2/3).

Dedi kembali mengingatkan, agar penyuluh pertanian tetap dalam kondisi sehat di tengah Covid-19 ini agar tetap bisa memberikan kontribusi dalam pembangunan pertanian. “Pertanian itu tidak boleh berhenti, jadi penyuluhan juga tidak boleh berhenti,” ujarnya.

SDM Kunci

Seperti diketahui, peningkatan produksi pangan menjadi program utama pemerintah dalam memenuhi kebutuhan masyarakat. Ternyata, menurut Dedi, kunci mendongkrak produksi adalah SDM pertanian, salah satunya penyuluh pertanian.

Dedi mengungkapkan, hasil riset psikiater dan motivator ada tiga pengungkit produksi pangan. Pertama, inovasi teknologi dan prasarana dan saran kontribusinya 25 persen. Kedua, peraturan perundangan-undanga, mulai undang-undang, Peraturan Presiden, Peraturan Menteri, Peraturan Gubernur, dan Peraturan Bupati kontribusinya juga 25 persen dalam peningkatan produktivitas.

Tapi ternyata SDM pertanian lah yang memberikan kontirbusi terbesar sebanyak 50 persen,” katanya. Berarti tegas Dedi, kunci utama pembangunan pertanian, bukan pupuk, bukan alsintan dan benih, tapi kuncinya SDM pertanian.

Jadi tugas penyuluh yang membangun SDM pertanian kita (petani,red). Penyuluhlah yang mensupport habis pembangunan pertanian, terutama dalam peningkatan produktivtas, termasuk juga peningkatan kualitas dan menjaga kontinyuitas produk kita.

“Jadi tugas kita (penyuluh, red) luar biasa. Tugas penyuluh sangat strategis karena sangat menentukan produktivktas pertanian dan pembangunan pertanian dan menentukan penyediaan pangan, dan juga menentukan keberlangsungan NKRI,” tuturnya.

Penyuluh seperti apa? Penyuluh yang berdedikasi dalam pembanguan pertanian. Bagaimana cara menjadi penyuluh yang memberikan solusi? Ada kita-kiatnya,” tambah Dedi Nursyamsi.

Reporter : Julian
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018