Friday, 16 April 2021


Penting ! Peran Penyuluh Pastikan Harga Gabah Petani Aman

07 Apr 2021, 13:48 WIBEditor : Yulianto

Babinsa turun ke sawah membantu petani panen | Sumber Foto:Suparman

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta---Panen raya padi berlangsung hampir disebagian besar sentra produksi. Namun ada kekhawatiran harga gabah di petani anjlok di bawah harga pembelian pemerintah (HPP).

Nah, untuk memastikan agar harga gabah petani tetap aman, peran penyuluh menjadi sangat penting. Dalam FGD Gerakan Serap Gabah Tabloid Sinar Tani (7/4) Kepala Pusat Penyuluhan Pertanian, BPPSDMP, Ir. Leli Nuryati,Msc mengatakan, sesuai dengan RKP Kementan tahun 2021 penyuluh pertanian di seluruh daerah sentra produksi yang sedang memasuki masa panen ditugaskan menjalankan program sergap (serap gabah panen).

“Penyuluh dapat bekerjasama dengan Bulog menyerap gabah hasil panen petani sesuai harga acuan,” katanya. Sesuai Peraturan Menteri Perdagngan No. 24 Tahun 2020 tentang Harga Pembelian Pemerintah (HPP),  harga Gabah Kering Panen (GKP) dengan kadar air (KA) 25 persen dan kotoran 10 persen Rp 4.200/kg di tingkat petani dan di penggilingan Rp 4.250/kg.

Sedangkan Gabah Kering Giling (GKG) dengan KA 14 persen dan kadar hampa 3 persen, harganya Rp 5.250/kg (di penggilingan) dan Rp 5.300/kg (di gudang Bulog). Adapun harga beras dengan KA 14 persen, butir pecah 20 persen dan menir 2 persen, harganya Rp 8.300/kg.

Selain itu, menurut Lely, program kostraling juga dilakukan untuk penguatan program logistik pangan nasional terpadu. “Ke depan, peran penyuluh mengamankan produki beras melalui pendayagunaan pengeringan melalui kostraling. Penyuluh juga membantu meningkatkan dan mendorong gabah petani bisa diserap Bulog,” tuturnya.

Khusus untuk pemasaran hasil panen, dilakukan dengan standar operasi yang ketat. Dimulai dengan perencanaan jadwal panen meliputi, luas panen, produktivitas, jadwal panen, tempat dan varietas yang akan dipanen.

Langkah selanjutnya data tersebut direkap dan diserahkan ke Satker Bulog dan Tim Sergap. Kemudian Satker Bulog yang akan membuat jadwal pembelian dengan menentukan standar kualitasnya dan harga sesuai HPP,” tuturnya.

Data Kementerian Pertanian masa tanam (NT) I Oktober – Maret memasuki panen raya Februari hingga April. Pada tahun 2021, BPS mengeluarkan perkiraan potensi produksi seberat 25,37 juta ton GKG setara 14,54 juta ton beras. Angka 25,37 juta ton GKG adalah angka yang cukup besar.

Untuk itu gerakan serap gabah secara massiv perlu dilakukan semua stakeholder untuk  memastikan harga gabah bisa stabil sesuai harga yang ditetapkan pemerintah. Program ini perlu diupayakan untuk melindungi para petani dari turunnya harga memasuki masa panen raya.

Bulog, Perpadi, BUMD dan BUMN Perberasan serta penggilingan-penggilingan beras lokal diharapkan menjadi stakeholder aktif untuk menyerap gabah untuk menggerakan industri perberasan nasional.

Bangun Kelembagaan Petani

Peran aktif penyuluh pertanian akan lebih efektif apabila kelembagaan petani dapat terbentuk. Kelompok tani dan gabungan kelompok tani yang akan membentuk korporasi petani perlu dikembangkan diseluruh daerah penghasil tanaman pangan.

Dengan demikian, problem petani untuk memasarkan hasil panen bisa lebih terjamin dan petani akan lebih tenang serta meraup untung dalam melakukan usaha tani.  “Peran aktif penyuluh pertanian juga menjadi perantara dan membuka akses petani pada sumber sarana produksi, permodalan dan pemasaran hasil,” tuturnya.

Penyuluh sebagai simpul terdekat dengan petani adalah pendamping lapangan langsung dalam mengawal budidaya dan produksi tanaman pangan. Fungsi penyuluh pertanian berperan sebagai motivator, fasilitator dan dinamisator dalam penyuluhan pertanian seperti membantu mencarikan informasi inovasi/teknologi, permodalan, pemasaran, mengajarkan keterampilan, menawarkan/merekomendasikan paket teknologi.

Dalam UU Penyuluh No 16 Tahun 2006 Pasal 15(1) Balai Penyuluhan ayat (2) huruf c mempunyai tugas: menyediakan dan menyebarkan informasi teknologi, sarana produksi, pembiayaan, dan pasar. Selain tugas budidaya (on farm) dalam UU ini ada tugas penting penyuluh untuk menyediakan dan menyebarkan informasi pasar bagi hasil produksi petani (off farm).

==

Sahabat Setia SINAR TANI bisa berlangganan Tabloid SINAR TANI dengan KLIK:  LANGGANAN TABLOID SINAR TANIAtau versi elektronik (e-paper Tabloid Sinar Tani) dengan klikmyedisi.com/sinartani/

 

 

Reporter : Iqbal
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018