Wednesday, 14 April 2021


Bimtek Kostratani, Kebangkitan Semangat Petani Dimulai

08 Apr 2021, 10:26 WIBEditor : Gesha

Bimtek Kostratani di Jambi | Sumber Foto:Endi

TABLOIDSINARTANI.COM, Jambi --- Pemerintah melalui Kementerian Pertanian terus memberikan support dan bagi penyuluh dan petani Indonesia agar tetap berproduksi sehingga ketahanan pangan tetap terjaga, salah satunya melalui Bimbingan Teknis (Bimtek) yang dilakukan BPTP Jambi.

Slogan dari Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) yang mengatakan dalam kondisi apapun pertanian tidak boleh berhenti untuk menyediakan pangan 270 juta penduduk Indonesia maka dari itu peran BPP akan semakin dimaksimalkan oleh Kostratani. "Kostratani adalah pusat gerakan pembangunan pertanian. Kostratani akan menjadi tempat petani berkonsultasi dan belajar," ungkapnya.

Untuk menyikapi hal ini BPTP Jambi tidak tinggal diam, sebagai UPT (Unit Pelaksana Teknis ) terdepan dari Badan Litbang Pertanian diharapkan mampu menjadi lokomotif Kementrian Pertania ber kewajiban dalam menderaskan diseminasi inovasi kepada penyuluh dan petani di daerah. 

Dr. Rustam , SP,. M.Si dalam arahannya saat persiapan Bimtek di BPP Kostratani Model Binaan BPTP Jambi mengatakan untuk secara maksimal mendampingi BPP Kostratani Model Binaan BPTP ini sesuai arahan Kepala BPPSDMP yang mengharapkan bimtek di Kostratani agar dapat dilakukan secara periodik baik secara virtual maupun langsung.

“Terus dorong dan genjot penyuluh dan petani agar tetap semangat untuk meningkatkan produktivitas. Dan disaat yang sama kita juga tingkatkan keterampilan, pengetahuan dan kapasitasnya melalui pemberdayaan penyuluh dan program Komando Strategis Pembangunan Pertanian (Kostratani)," tambahnya.

Pengetahuan dan Keterampilan

Materi Bimtek yang dilaksanakan di BPP Model Kostratani Pelayangan, bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan petani terhadap teknologi Produksi Benih Sumber Padi Balitbangtan serta meningkatkan pengetahuan tentang pemanfaatan pekarangan dan meningkatkan kapasitas penyuluh pertanian lapangan dalam melakukan kegiatan penyuluhan khususnya bidang Tanaman Pangan dan pemanfaatan tanaman pekarangan kepada petani di Kec. Pelayangan Kota Jambi.

Bimtek diikuti oleh 40 orang peserta terdiri ketua dan anggota kelompok tani, koordinator serta penyuluh pertanian lapangan Kec. Pelayangan Kota Jambi.

Kegiatan bimtek dihadiri oleh Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kota Jambi yang dalam hal ini diwakili oleh Kabid Penyuluhan dan Pengembangan Pertanian Fianti, S.Pt., Kepala BPTP Jambi yang diwakili oleh Sub Koord. KSPP BPTP Jambi Dr. Lutfi Izhar, M. Sc, Koordinator Penyuluh BPP, PPL dan kelompok tani Kec. Pelayangan, selain itu, acara juga turut dihadiri oleh Lurah Mudung Laut Kecamatan Pelayangan beserta Ketua KTN Kota Jambi.

Acara diawali menyanyikan lagu Indonesia Raya, dan pembacaan doa. Selanjutnya sambutan Kepala BPTP Jambi yang diwakili Koord. KSPP sekaligus membuka secara resmi acara, beliau dalam arahannya mengucapkan terima kasih kepada Bapak Ibu petani yang telah berkesempatan menghadiri bimbingan teknis inovasi teknologi produksi benih sumber padi Balitbangtan beserta pemanfaatan pekarangan yang diadakan berkat kerjasama BPTP Jambi dan BPP Model Kostratani Pelayangan. diharapkan kegiatan ini dapat menambah pengetahuan petani terutama dalam pengetahuan terkait benih sumber padi serta pemanfaatan pekarangan di Kec. Pelayangan Kota Jambi.

Kemudian acara dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh narasumber yaitu Inovasi Teknologi Benih Sumber Padi oleh Ir. Jumakir (Peneliti Madya BPTP Jambi); kemudian dilanjutkan dengan narasumber kedua tentang Pemanfaatan pekarangan oleh Syafri Edi, SP (Peneliti Madya BPTP).

Peserta sangat antusias dengan materi yang disampaikan, yang dapat dilihat pada saat sesi diskusi dan tanya jawab yang berlanjut hingga diluar acara. 

Kadis Pertanian dan Hortikultura Kota Jambi dalam arahanya menyampaikan dengan diadakannya Bimtek ini, dapat membuka wawasan para petani di kecamatan pelayangan, dalam tujuan menjadi penghasil sumber benih padi yang diharapkan dapat memenuhi kebutuhan benih di Provinsi Jambi.

"Sekaligus petani dapat memanfaatkan pekarangan disekitar areal pertanaman ataupun lokasi tempat tinggalnya untuk mendukung kebutuhan pangan keluarga," harapnya.

Kegiatan Bimtek Inovasi Teknologi Benih Sumber Padi dan Pemanfaatan Pekarangan di BPP Model Kostratani Pelayangan, kemudian secara resmi ditutup oleh Kabid Penyuluhan dan Pengembangan Pertanian Dinas TPH Kota Jambi (EP).

Reporter : Endi
Sumber : BPTP Jambi
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018