Sunday, 09 May 2021


Perkuat Petani Wirausaha, Kementan Buka Networking

26 Apr 2021, 14:39 WIBEditor : Gesha

Menjaring wirausahawan muda pertanian melalui YESS | Sumber Foto:Istimewa

TABLOIDSINARTANI.COM, Bogor --- Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) terus  menggenjot pengembangan SDM pertanian dengan meningkatkan petani dan wirausaha muda melalui Networking (kerjasama) dengan lembaga lain.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menargetkan hadirnya jutaan petani dan pengusaha milenial di sektor pertanian. “Tumbuhnya pengusaha muda di sektor pertanian akan mampu memperkecil angka pengangguran di tanah air”, ungkap Mentan SYL dalam setiap kesempatan.

Demi mewujudkan rencana strategis tersebut, Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) mendorong berbagai program untuk mempromosikan pertanian yang berkelanjutan dan meningkatkan minat generasi muda untuk terjun dan berperan aktif dalam pembangunan pertanian. 

Salah satunya adalah Youth Enterpreneurship and Employment Support Services Programme (YESS Program yang merupakan kerjasama antara Kementerian Pertanian (Kementan) dengan International Fund For Agricultural Development (IFAD). 

“YESS program ini dirancang untuk menghasilkan wirausahawan muda perdesaan di bidang pertanian dan untuk menghasilkan tenaga kerja yang kompeten di bidang pertanian. Tentunya kita tidak bisa bergerak sendiri, networking harus ditingkatkan pada tiap program pengembangan SDM. Networking harus tersinergi tidak hanya di internal BPPSDMP atau Kementan saja tetapi juga dengan Kementerian atau Lembaga terkait lainnya”, papar Kepala BPPSDMP, Dedi Nursyamsi.

Senada dengan hal tersebut, Sekretaris BPPSDMP Siti Munifah saat memberikan arahan pada FGD Perjanjian Kerjasama Program YESS dengan Kementerian/Lembaga di Bogor (20/4)  menghimbau  program YESS bersinergi dengan Kementerian/Lembaga lain untuk dapat mencapai tujuan bersama. 

“Saat ini kita tengah menjajaki perjanjian kerjasama dengan Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Ketenagakerjaan serta Kementerian Desa”, terang Siti Munifah.

Mewakili peserta FGD, Deputi Bidang Kewirausahaan dari Kementerian Koperasi dan UKM, Ir. Victoria Br Simanungkalit, M.M memberikan komentar positif terkait dukungannya. “Kementerian Koperasi siap mendukung pelaksanaan Program YESS karena selaras dengan Program kerja Kementerian Koperasi dan UKM untuk mewujudkan generasi muda yang berwirausaha inovatif, mandiri”, tegasnya.

 

Melalui jalinan networking yang luas diharapkan program YESS  akan menjadi model untuk pengembangan kewirausahaan dan ketenagakerjaan generasi muda di sektor pertanian tak hanya di Indonesia tetapi juga di negara-negara anggota IFAD.

 

Reporter : Lely
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018