Friday, 18 June 2021


Tarik Milenial, P4S Bumiaji Sejahtera Bantu Akses KUR

16 May 2021, 07:20 WIBEditor : Yulianto

Kegiatan pelatihan di P4S Bumiaji Sejahtera | Sumber Foto:Hardi

TABLOIDSINARTANI.COM, Kota Batu---Petani milenial menjadi masa depan pembangunan pertanian. Untuk menarik minat generasi muda terjun ke dunia Pertanian, P4S Bumiaji Sejahtera, Malang membantu kaum milenial mengakses Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Rahmad Hardiyanto, pengelola P4S Bumiaji Sejahtera mengatakan, salah satu giat yang kini dilakukan adalah open akses program pemerintah dalam penyaluran KUR (Kredit Usaha Rakyat) guna peningkatan akselerasi usaha tani dari petani millenial.

“Giat utama terkait program Smart Farming bagi petani millenial hasil kerja kolabortani P4S Bumiaji Sejahtera dengan Universitas Brawijaya,” katanya seraya berharap milenial nantinya interes pada bisnis pertanian yang berkelanjutan.

Hardiyanto menambahkan, untuk giat literasi keuangan merupakan kerja bareng elemen P4S, Pengusaha, Perbankan dan komunitas serta akademisi dalam rangka pemulihan ekonomi nasional untuk para petani millenial dan startup tani khususnya di Kota Batu Jawa Timur.

Dalam giat tersebut, stakeholder yang terlibat HIPMI BPC kota Batu, Bank BNI cabang Malang, Kawan Tani millenial, Batu Agromart, Universitas Brawijaya serta tim P4S Bumiaji Sejahtera Kota Batu.  Langkah awal kolabortani yang asyik untuk bisnis Berkelanjutan bagi pelaku usaha pertanian dan UMKM pangan Kota Batu,” katanya.

Hardi berharap, dengan P4S di Kota Batu ini dapat menjadi sarana bagi masyarakat petani dan calon petani baik lokal, regional, nasional bisa saling menimba dan berbagi ilmu pertanian organik, supply chain, smart farming, market place.

"Latar Belakang berdirinya P4S Bumiaji Sejahtera adalah menurunnya minat kawula millenial untuk berwirausaha di bidang pertanian dan juga problem klasik petani di sektor manajemen pertanian dan manajemen pemasaran hasil pertaniannya," tuturnya.

Ia mengatakan, spirit P4S Bumiaji Sejahtera adalah petani bantu petani untuk berkembang secara swadaya, keterpaduan, kemitraan, kemanfaatan, dan berkelanjutan.

Ada beberapa pelatihan yang dilakukan P4S Bumiaji Sejahtera di Kota Batu yakni Pelatihan manajemen kelembagaan,budidaya perawatan dan pemasaran dari Pertanian Organik, Produksi Olahan dan kemasan hasil pertanian, Smart dan Urban Farming dan Start-Up Agropreneur

Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya adalah kelembagaan pelatihan dengan metode permagangan pertanian dan perdesaan yang dikelola secara Swadaya oleh pelaku usaha baik perorangan maupun kelompok.

 

Reporter : Echa
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018