Thursday, 17 June 2021


Kolaborasi BBP2TP - Sekolah Vokasi IPB University Lahirkan 36 Karya E-Book Materi Penyuluhan

11 Jun 2021, 08:34 WIBEditor : Gesha

Kolaborasi BBP2TP dengan Sekolah Vokasi IPB University untuk menghasilkan e-book | Sumber Foto:Istimewa

TABLOIDSINARTANI.COM, Bogor --Kolaborasi Hebat dilakukan bersama Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian (BBP2TP) dan Sekolah Vokasi IPB University sejak 2018. Pada tahun 2021 ini, kembali dilakukan kolaborasi dengan menghasilkan 36 karya e-book Materi Penyuluhan. 

Karya hebat ini terlihat saat Sharing Session Penyuluh Pertanian Edisi Khusus dalam rangka Menyambut Hari Krida Pertanian, Rabu (9/6). Hasil kolaborasi BBP2TP bersama mahasiswa Program Studi Manajemen Informatika yang sudah dikenal hebat menghasilkan karya-karya desain grafis/motion grafis digital. 

Sharing session kali ini mengusung tema “Proses Kreatif Penyusunan E-book bagi Pemula”. Melalui bimbingan substantif dari peneliti/penyuluh/humas lingkup BBP2TP dan kolaborasi 12 dosen, 16 asisten dosen serta 107 mahasiswa tingkat I, Angkatan 57 dilahirkan sejumlah 36 e-book materi penyuluhan inovasi teknologi pertanian.

Apresiasi kepada seluruh Tim yang telah terlibat dalam penyusunan e-book disampaikan oleh Kepala BBP2TP, Dr. Ir. Fery Fahrudin Munier, MSc. IPU, Dekan Sekolah Vokasi IPB University, Ir. Arief Daryanto DipAgEc, MEc., PhD, dan Kepala Program Studi INF, Sofiyanti Indrasari, S.Kom., M.Kom.

Kolaborasi yang digawangi sejak awal oleh dosen Amata Fami M. Des, Gema P. Mirandra S.Si.M.Kom dan Antonya R. Sinaga, SE.MM. dan substansi Kerjasama dan Pendayagunaan Hasil Pengkajian (KSPHP) BBP2TP ini memiliki tujuan dalam rangka mengimplementasikan merdeka belajar telah banyak dirasakan manfaatnya oleh kedua belah pihak yang terlibat, sebagaimana yang juga menjadi arahan Kepala BBP2TP.  Fery juga mengharapkan agar kegiatan serupa dapat dilaksanakan secara berkelanjutan di tahun-tahun mendatang.

Dekan Sekolah Vokai IPB University, Arief Daryanto dalam sambutannya juga mengatakan bahwa kolaborasi ini merupakan bagian Sekolah Vokasi menerapkan  metode pembelajaran yang bersifat project based learning atau program-based learning yang merupakan ciri khas Pendidikan Tinggi Vokasi. 

Lebih lanjut Arief juga mengatakan kurikulum di PTV  didesain sesuai dengan perkembangan kebutuhan IDUKA (industri, dunia usaha dan dunia kerja).  Atas rasa bangganya, Arief juga melaporkan progres kolaborasi e-book ini kepada Rektor IPB University, Prof. Arif Satria.

Melalui kolaborasi ini telah dilahirkan karya-karya digital dengan pendekatan kekinian melalui pelibatan visi dan cara pandang generasi milenial. Ditetapkan 1 karya terbaik dan terfavorit dengan judul Petani Milenial, Petani Tidak Harus Kotor yang dihasilkan melalui kreatifitas Irrana Vernadian, Yudhita Rizki Mulyono dan Ruli Al Qodri Musthafa.

Menghadapi perilaku publik yang menyukai serba digital, visi milenial dalam menghasilkan karya yang kekinian dan out of the box dalam memvisualisasikan objek, diyakini akan mampu meningkatkan opportunity to access, opportunity to read, opportunity to memorize hingga opportunity to share.

BBP2TP memiliki keyakinan bahwa desain membentuk persepsi pembacanya, hingga kebebasan berkreatifitas penuh tanggung jawab diberikan kepada mahasiswa. Cita-cita besar dari pendampingan substantif SDM Balitbangtan tersebut selain untuk mendorong partisipasi serta menciptakan ‘linking’ stakeholder yang lebih luas, output yang dihasilkan dapat meningkatkan adopsi/penerapan inovasi masyarakat pengguna teknologi pertanian di seluruh Indonesia.

Nantinya, 36 e-book tersebut akan disebarluaskan secara massif ke seluruh provinsi di Indonesia melalui teknik akses data pdf yang paling sederhana agar mudah disebarkan dan dibaca semua kalangan melalui media sosial/aplikasi whatssapp, dan lainnya. 

Acara Sharing Shassion Edisi Khusus ini menyedot animo peserta yang cukup besar, karena tidak kurang dari 400 orang yang berasal dari berbagai kalangan baik Peneliti dan penyuluh di seluruh Indonesia, para praktisi pendidikan, mahasiswa, swasta turut hadir bergabung secara daring melalui zoom meeting dan live streaming Youtube. 

Reporter : ENW
Sumber : BP2TP
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018