Tuesday, 03 August 2021


Tarik Milenial ke Pertanian, perlu Digaungkan Petani itu Keren

19 Jul 2021, 17:41 WIB

Generasi muda menjadi tulang punggung masa depan pertanian | Sumber Foto:Dok. Sinta

TABLOIDSINARTANI.COM, Serang ---Pertanian menjadi salah satu sektor yang masih tumbuh positif, meskipun beberapa sektor mengalami kontraksi.  Bahkan sektor pertanian membuktikan meski dalam kondisi pandemi Covid-19 dapat menyelamatkan perekonomian Indonesia dengan masih tumbuh positif.

Rizal Azis

Namun demikian, penguatan sumber daya manusia menjadi persoalan kunci yang harus diselesaikan agar sektor pertanian terus tumbuh positif. Demikian diungkapkan, Rizal Aziz, SP, MP Ketua Ikatan Keluarga Alumni Fakultas Pertanian Untirta.

“Tren anak muda yang jadi petani meningkat dari tahun ke tahun. Namun peningkatan ini bukan pada sektor produksi, tetapi pada sektor pemasaran,” ujarnya.

Karena itu, Rizal menilai antara produksi dan pemasaran terlihat masih ada ketimpangan. Kalangan generasi muda saat ini melihat sektor pemasaran sangat menjanjikan sekali, sehingga start-up bidang pertanian banyak digagas anak muda. “Sedangkan untuk sektor produksi anak muda kita masih kurang, ujarnya.

Rizal menambahkan, menjadi tugas kita bersama saat ini adalah, bagaimana agar kedua sektor produksi dan sektor pemasaran berimbang. Untuk itu, harus ada kolaborasi antara yang tua dan yang muda. “Yang tua jangan meninggalkan yang muda dan yang muda pun jangan sampai meninggalkan dunia pertanian,tegasnya kepada Tabloid Sinar Tani.

Rizal mencontohkan, di Gunung Karang Banten saat ini sudah banyak dibudidayakan sayuran seperti wortel, kentang dan juga jagung. Bahkan generasi muda yang menjadi motor penggeraknya.  Karena itu ia menilai, ke depan dunia pertanian akan menjanjikan, terutama saat pandemi seperti saat ini.

“Sektor petanian ini sudah sangat bagus dan generasi muda juga sudah sangat bagus, kuncinya harus ada inovasi pertanian,” kata Rizal. Namun Rizal menegaskan, ada suatu catatan yang sangat penting yang perlu dilakukan agar generasi muda mau terjun ke dunia pertanian.  

“Kita harus menggaungkan menjadi petani itu sangat keren. Anak muda petani memiliki motivasi yang tinggi. Dunia pertanian harus kita cintai dan selalu mengajak pada teman-teman yang lain, mari kita mencintai dunia pertanian karena dengan pertanian negara ini akan maju, tutur Rizal.

Reporter : Suroyo
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018