Sunday, 24 October 2021


Biar Makin Modern, Penyuluh Wajib Kenal Mekanisasi Pertanian

19 Sep 2021, 14:44 WIBEditor : Gesha

Penyuluh Banten dan Jateng diajak ke BBP Mektan | Sumber Foto:Arifullah

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta --- Masih banyak petani yang belum tahu tentang mekanisasi pertanian, petani masih banyak yang menerapkan sistem pertanian tradisional mulai dari penanaman sampai panen kecuali pengolahan tanah yang sudah menggunakan traktor. Karenanya, beberapa penyuluh pertanian di wilayah Banten dan Jawa Tengah diajak kunjungan lapang ke Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian (BBP Mektan), Serpong.

Tagline Kementerian Pertanian yang ingin pembangunan pertanian Maju, Mandiri dan Modern tentunya harus dimulai dari sumberdaya manusia pertanian itu sendiri. Salah satunya adalah penyuluh pertanian yang bertugas mendampingi, memotivasi dan menyampaikan informasi teknologi pertanian kepada petani untuk merubah pengetahuan, keterampilan dan sikap petani dalam melaksanakan usaha taninya.

Dalam merealisasikan maju dan modernitas dari pertanian, mekanisasi menjadi sarana yang digunakan untuk memudahkan proses bertani dengan penerapan pertanian modern para petani dapat menghemat tenaga dan mendapatkan hasil produksi yang banyak dalam waktu yang lebih singkat.

Karenanya, di sela-sela pertemuan Penguatan Materi dan Informasi Penyuluhan di Lokasi IPDMIP, Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementrian Pertanian mengajak 40 orang peserta penyuluh pertanian dari wilayah Banten dan Jawa Tengah ini berkunjung ke Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian (BBP Mektan), Serpong untuk menambah mengenal beraham mekanisasi pertanian khususnya alat mesin pertanian (alsintan) hasil penelitian dan perekayasaan BBP Mektan.

Kepala Bidang Kerjasama dan Pendayagunaan Hasil Perekayasaan (KSPHP) BBP Mektan, Dr. Harsono, dalam sambutannya mengatakan pentingnya data informasi alsintan yang beredar di Indonesia guna pengembangan dan penempatan alsintan bantuan oleh kementrian pertanian serta mendapatkan informasi calon penerima calon lokasi (CPCL) yang tepat.

Selanjutnya peserta pertemuan dipandu oleh Humas BBP Mektan, Tri Laksono berkesempatan mengunjungi fasilitas laboratorium dan melihat hasil inovasi mekanisasi pertanian di BBP Mektan. Mulai dari mengunjungi Laboratorium Desain,  Laboratorium Kerekayasaan, Laboratorium Otomatisasi dan Instrumentasi, hingga Laboratorium Pengujian Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan). 

BBP Mektan menjadi salah satu lembaga pengembangan Alsintan yang memiliki Laboratorium Pengujian Alat dan Mesin Pertanian. Laboratorium ini melaksanakan pelayanan  pengujian alat dam mesin pertanian, baik pengujian lapang maupun laboratorium. Pelaksanaan pengujian dilakukan sesuai dengan ketentuan dalam Standar Prosedur dan Cara Uji ( SNI ) untuk peralatan yang bersangkutan. 

Beragam peralatan alsintan diuji dalam laboratorium ini, mulai dari Traktor Roda 4, Traktor Roda Dua, Pompa Sentrifugal, Pascapanen Biji-bijian, Ergonomika, hingga pengujian Instrumentasi dan pengukuran daya. 

Dengan kunjungan lapang ini diharapkan peserta (penyuluh pertanian) dapat menambah wawasan khususnya tentang alsintan sehingga dapat menginformasikan kembali kepada petani di daerah masing-masing.

Reporter : Arifullah
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018