Monday, 06 December 2021


Rembug Paripurna KTNA, Kementan Apresiasi Kiprah Lapangan Anggota KTNA

24 Sep 2021, 13:36 WIBEditor : Gesha

Kementerian Pertanian mengapresiasi dan menjadi Mitra strategis KTNA di sektor pertanian | Sumber Foto:Pito

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta -- Dalam Rembug Paripurna Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA), Kementerian Pertanian (Kementan) sebagai Mitra mengapresiasi kiprah lapangan dari para anggota KTNA. 

"KTNA itu bukan sekedar pelaku sektor pertanian tetapi menjadi partner Kementan untuk melaksanakan program-program pembangunan pertanian nasional, " ungkap 

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian, Dedi Nursyamsi ketika hadir dalam Rembug Paripurna KTNA Nasional di Kementerian Pertanian, Kamis (23/09).

Bahkan menurut Dedi Nursyamsi, sebagian besar anggota KTNA merupakan penyuluh swadaya, Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S), disaat yang sama juga merupakan petani andalan dan milenial.

 

"Karenanya, support Kementan terhadap KTNA sudah pasti, meskipun tidak secara tertulis disebutkan tertera KTNA, tapi objeknya merupakan anggota KTNA yang terdiri dari P4S, Penyuluh Swadaya, Petani Andalan bahkan Petani Milenial, "jelasnya.

Dukungan terhadap KTNA juga tercermin dari program-program yang selama ini diusung oleh Kementan melalui Direktorat Teknis, termasuk BPPSDMP. 

"Oleh karena itu, kami (Kementan) mengajak mulai dari KTNA Nasional, KTNA Provinsi dan KTNA Kabupaten/Kota untuk terus meningkatkan kerjasama yang sudah mesra ini. Bahkan lebih signifikan lagi mendongkrak produktivitas Pertanian, " harapnya. 

Harapan Kementan ini disambut baik oleh Ketua Umum KTNA Nasional terpilih, HM Yadi Sofyan Noor. Menurutnya, KTNA merupakan organisasi petani dan nelayan yang berasal dari akar bawah (grass root) sehingga menjadi sebuah organisasi yang kuat bersama petani dan nelayan. 

Disamping itu, KTNA bersama Kementan memiliki visi yang sama yakni Kesejahteraan Petani. KTNA sendiri memiliki motto Bersama KTNA Maju Sejahtera yang melambangkan harus bangkit bersama dan memiliki visi Kesejahteraan Petani.

Sementara itu, HM. Basjir DA yang sebelumnya menjadi Plt Ketua Umum KTNA Nasional mengatakan, dalam Usia Emas KTNA yang jatuh pada 23 September 2021, anggota KTNA akan terus kompak membangun sektor pertanian. "Sebagai penyuluh Swadaya, kami di KTNA akan menyegarkan Pertanian ini, sejak sekarang hingga masa yang akan datang, " pesannya.

Reporter : Nattasya
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018