Saturday, 23 October 2021


BPPSDMP Himpun Petani Milenial dalam Outlet MIA

13 Oct 2021, 15:34 WIBEditor : Gesha

Outlet MIA, forum Medsos Petani Milenial | Sumber Foto:Istimewa

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta -- Kementerian Pertanian melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP) terus menghimpun petani milenial di Indonesia. Terbaru, melalui forum media sosial bernama Outlet MIA.

"Outlet MIA ini menjadi forum komunikasi dan media sosial dari petani milenial Indonesia (Young Indonesian Farmers Forum/YIFF), " ungkap Kepala Pusat Pendidikan Pertanian, Idha Widi Arsanti yang menjadi kreator Outlet MIA ini saat launching Outlet MIA, Rabu (13/10).

Santi mengaku, di Indonesia hingga sekarang belum ada forum media sosial khusus petani milenial dan anak muda. Sedangkan di beberapa negara seperi New Zealand, Amerika Serikat dan Australia, petani milenialnya sudah saling berhimpun dan saling berkomunikasi.

"Dalam forum medsos berbasis web ini tak hanya sekedar mengikuti tetapi ada kebijakan event atau agenda terkait petani milenial yang berhubungan satu sama lain, " ungkapnya.

Dengan mengakses alamat yiff.pusdiktan.id , petani milenial bisa langsung bergabung. Sekilas, tampilan Forum Outlet MIA ini serupa dengan Facebook yang sudah akrab pemakaiannya di kalangan milenial.

Dalam forum berbasis web ini, pengguna petani milenial juga bisa berpromosi usaha pertaniannya. Selain itu, informasi pelatihan bagi petani milenial lebih mudah ditemui.

Menggunakan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dalam tampilan serta link forum medsos menjadi YIFF, Idha berharap agar petani milenial Indonesia bisa dikenal di seluruh dunia. "Diharapkan juga petani milenial di luar negeri bisa bergabung sekaligus bisa mendorong komunikasi dan mengembangkan bisnis global antar negara," tuturnya.

Forum Media Sosial Outlet MIA ini pun diapresiasi oleh Sekretaris Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian, Siti Munifah. Menurutnya, forum medsos ini menjadi bagian mewadahi peran dan kreativitas petani milenial agar lebih eksis dan terjalin secara nasional.

"Selain menjadi wadah aksi penumbuhan milenial untuk menjadi penerus sektor pertanian, forum ini juga menjadi jembatan program aksi ekspor dari petani milenial, " tambahnya.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian, Prof Dedi Nursyamsi juga mengapresiasi munculnya forum eksistensi Petani Milenial seperti Outlet MIA ini. Menurutnya, forum ini bisa memfasilitasi petani Indonesia agar saling terhubung. Petani muda bisa saling berbagi ide pengalaman pengetahuan di bidang pertanian, baik pemula maupun yang sudah berpangalaman.

Diakui Prof Dedi Nursyamsi, petani milenial sekarang semakin terasa eksistensi dan kiprahnya di dunia pertanian. "Sektor pertanian bisa tumbuh 16 persen dan ekspor yang semakin Gilang gemilang meskipun saat pandemi. Semua berkat kinerja petani termasuk petani milenial, " sebutnya.

Kedepan, pembangunan pertanian mengandalkan petani muda dengan pemanfaatan teknologi digital. "Pertanian butuh petani yang profesional berdaya saing dan memiliki jiwa enterpreneur tinggi, " tambahnya.

Prof Dedi juga menyebutkan, perusahaan rintisan (start up) di bidang pertanian semakin menjamur. “Generasi milenial saat ini semakin cerdas dalam mencari peluang bisnis mereka yang telah terjun dan mencintai dunia pertanian akan makin menguasai bagaimana mengembangkan pertanian mulai dari hulu sampai hilirnya menjadi peluang bisnis. Apalagi ditambah dengan memanfaatkan teknologi digital akan makin menjanjikan tentunya”, tegas Dedi.

Dalam setiap kesempatan, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo kerap menyebutkan bahwa petani milenial dengan kemampuan digital utamanya dalam memperkuat pemasaran dan distribusi, menjadi paling diandalkan Pertanian masa depan. "Agripreneur muda yang melek teknologi adalah potensi dan mitra strategis memecahkan kendala distribusi dan lemahnya akses pasar petani, " sebutnya.

Sehingga, dengan adanya Forum Medsos MIA ini menjadi sebuah kemudahan bagi petani milenial dalam melakukan pemberdayaan usaha tani, memperluas pasar serta distribusi usaha taninya.

Reporter : Nattasya
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018