Sunday, 24 October 2021


Outlet MIA, Lapaknya Petani Milenial

13 Oct 2021, 16:42 WIBEditor : Gesha

Outlet MIA | Sumber Foto:Pusdiktan

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta --- Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP) melalui Pusat Pendidikan Pertanian (Pusdiktan) telah meluncurkan forum Outlet MIA sebagai wadah eksistensi dan komunikasi bagi petani milenial di seluruh Indonesia. 

"Outlet MIA (Milenial Indonesian Agripreneur) ini menjadi media sosial dan forumnya petani milenial Indonesia, " ungkap  Kepala Pusat Pendidikan Pertanian, Idha Widi Arsanti yang menjadi kreator Outlet MIA ini saat launching Outlet MIA, Rabu (13/10). 

Santi melanjutkan,  Forum ini menjadi wadah   bagi petani milenial untuk bertukar informasi Pertanian, saling terkoneksi dan bermitra, saling bergabung dengan group online kelompok tani, hingga komunikasi antar kelompok tani. Tak hanya itu, petani milenial yang ingin mengikuti pelatihan baik online maupun offline, juga dimudahkan dengan adanya beberapa jadwal pelatihan yang bisa diakses. 

"Di Outlet MIA ini juga, anggotanya bisa saling berpromosi usaha pertaniannya, atau membuka peluang usaha dan kemitraan. Selain itu, bisa mengasah kemampuannya menulis artikel dengan adanya mikroblog di dalamnya, " tambahnya. 

Dengan mengakses alamat yiff.pusdiktan.id , petani milenial bisa langsung bergabung menggunakan akses media sosial yang selama ini digunakan seperti Google maupun Facebook. 

Seperti apa sebenarnya Outlet MIA ini? Simak videonya disini

 

Beragam Fitur

TABLOID SINAR TANI pun berkesempatan mencoba langsung forum sosial media berbasis website ini. Sekilas, tidak ada perbedaan besar dari tampilan media sosial yang selama ini biasa digunakan yakni Facebook. 

Pengguna bisa dengan mudah menambahkan foto, berbagi tautan, maupun menuliskan sesuatu di layar muka. Tampilan sedikit berbeda hanya pada tampilan mikroblog yang disematkan dalam Outlet MIA ini. Jika dahulu Facebook memiliki fitur notes/catatan yang tampilannya seperti notes biasa, dalam Outlet MIA ini tampilan mikroblog memiliki bentuk yang sama dengan aplikasi Blogger maupun Wordpress yang berbasis Content Management System (CMS).

Tampilan mikroblog Outlet MIA ini tidak memiliki fitur draft selayaknya Blogger dan Wordpress, sehingga jika petani milenial ingin menerbitkan sebuah artikel setidaknya harus membuat draftnya terlebih dahulu di aplikasi Word dan lainnya. 

Fitur lain di Outlet MIA ini adalah adanya Marketplace yang menjadi ajang jualannya petani milenial. Disini Anda akan menemukan banyak produk Pertanian yang dijual secara langsung. Meskipun bukan seperti e-commerce, petani milenial bisa memasang jualannya langsung dengan memberikan nomor kontak untuk dihubungi pembeli. 

Tak hanya itu, di Outlet MIA terdapat fitur bronze, gold hingga platinum bagi setiap pengguna yang aktif di Outlet MIA ini. Sekilas mirip dengan fitur centang biru yang selama ini ada pada Facebook dan Twitter bagi selebgram, tokoh dan sebagainya yang menandakan akun terverifikasi. Fitur lencana bronze, gold hingga platinum ini memiliki keuntungan tersendiri bagi penggunanya. 

Fitur unggulan dalam Outlet MIA ini adalah FORUM yang sekilas mirip dengan forum diskusi online dan minat, KASKUS INDONESIA. Dalam fitur ini, pengguna Outlet MIA bisa melihat atau mengikuti beragam thread seputar Pertanian seperti Ilmu Pertanian Umum, Olah Hasil Pertanian, Penggemukan Ternak dan lainnya. Pengguna juga bisa membuat thread tersendiri untuk bisa saling berkomunikasi dengan pengguna lainnya. 

 

Reporter : NATTASYA
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018