Monday, 06 December 2021


Kampus PEPI, Dambaan SDM Enjineering Pertanian

21 Oct 2021, 20:59 WIBEditor : Gesha

Menteri Pertanian bersama milenial PEPI | Sumber Foto:Istimewa

TABLOIDSINARTANI.COM, Tangerang --- Sumberdaya Manusia (SDM) Indonesia kini semakin lengkap dengan hadirnya sekolah vokasi bidang enjineering pertanian, Politeknik Enjineering Pertanian Indonesia (PEPI) di Serpong, Provinsi Banten milik Kementerian Pertanian. 

"Kampus PEPI ini kita dirikan untuk memperkuat sumberdaya manusia Pertanian di bidang enjineering dan mekanisasi Pertanian. Agar besok anak-anak kita memiliki kemampuan akademik yang cukup, pembekalan keterampilan terapan serta perilaku-perilaku Pertanian," ungkap Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo saat meresmikan Gedung Kampus PEPI, Kamis (21/10). 

Mentan SYL menambahkan, Indonesia membutuhkan 2,5 juta orang petani milenial untuk menggerakkan Pertanian dengan sumberdaya alam yang cukup dan jumlah penduduk yang banyak. 

"Tinggal membangun SDM yang lebih kuat dengan terapan sains riset dan teknologi, termasuk enjineering mekanisasi untuk bisa mengolah pertanian lebih efektif, menghasilkan produk lebih berkualitas dan turunannya yang kemudian bisa diperdagangkan untuk kebutuhan dalam negeri maupun luar negeri, "jelasnya. 

Mentan SYL menegaskan, sekolah vokasi ini bukan saja milik Kementerian Pertanian, tetapi milik Indonesia. Karena itu, Mentan SYL meminta pemimpin daerah (Gubernur dan Bupati) untuk ikut mendukung ini, agar anak-anak Indonesia bisa menempuh pendidikan di Kampus PEPI. 

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Prof Dedi Nursyamsi mengatakan lulusan PEPI ini diharapkan menjadi qualified job seeker (tenaga kerja enjineering yang terampil) serta qualified job creator (calon perekayasa mekanisasi pertanian).  

"Dimana mereka harus siap ditempatkan di pembangunan Pertanian dari hulu sampai hilir dalam bidang enjineering Pertanian. Mulai dari mengolah tanah, pemupukan menggunakan drone, panen, pascapanen, bahkan sampai pengemasan. Termasuk penggunakan aplikasi IoT (internet of things), " tambahnya. 

Sekolah vokasi ini memiliki tiga program studi bidang enjineering antara lain program studi Teknik Tata Kelola Air, Teknik Pengolahan Hasil Pertanian, dan Teknik Mekanisasi Pertanian. 

Menggunakan model pembelajaran Teaching Factory, penelitian terapan dan pengabdian pada masyarakat, diharapkan lulusan PEPI mampu menghasilkan inovasi baru oleh SDM pertanian yang handal, dan dapat memecahkan berbagai permasalahan sektor pertanian.

Reporter : Nattasya
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018