Senin, 15 Juli 2024


Ruswanto, Nahkoda Baru KTNA Cilacap

27 Okt 2021, 16:38 WIBEditor : Yulianto

Ruswanto, batik kuning menerima panji KTNA untuk memimpun KTNA Cilacap | Sumber Foto:Wasis

TABLOIDSINARTANI.COM, Cilacap---Pengurus Kelompok Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Cilacap Jawa Tengah baru dilantik. Ruswanto terpilih menjadi nahkoda baru.

Pelantikan Pengurus KTNA Kabupaten Cilacap peroide 2021 - 2026 berlangsung di Aula Ruang Rapat Dinas Pertanian Jl. Rinjani Kompleks GOR Wijayakusuma, Kamis (14/10). Acara tersebut dihadiri Sekertaris Dinas Pertanian, Kepala Bidang Penyuluhan Dinas Pertanian dan Kelompok Jabatan Fungsional (KJF) Bidang Penyuluhan. Serta  Ketua III KTNA Provinsi Jawa Tengah Sri Waryati.

Dengan pelantikan ini diharapkan akan meningkatkan komunikasi efektif dengan Kelompok Tani (Poktan) serta Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) di tingkat Desa. Aspirasi petani yang disampaikan ke KTNA tingkat Kabupaten dapat di tindaklanjuti menjadi program kerja. Selain itu, KTNA juga dapat merapatkan barisan ke dinas terkait.

Ketua KTNA Kabupaten Cilacap Provinsi Jawa Tengah terpilih Ruswanto mengungkapkan, langkah awal setelah terpilih menjadi Ketua KTNA Kabupaten Cilacap periode 2021 -2026 adalah mengadakan konsolidasi bersama Pengurus KTNA di tingkat Kecamatan.

Hal yang penting bidang pertanian yaitu membangun kebersamaan Pengurus KTNA tingkat Kecamatan dan Kabupaten untuk merencanakan kegiatan yang akan dilaksanakan 5 tahun ke depan. Program yang direncanakan KTNA Kabupaten Cilacap, berasal dari aspirasi Poktan.

Untuk itu, kata Ruswanto, dirinya akan mengutamakan kerjasama antar Poktan di tingkat desa yang tergabung dalam Gapoktan. "Kami akan membangun kerjasama antar Poktan, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan petani,” katanya.

KTNA lanjutnya, merupakan mitra pemerintah, sehingga salah satu tugasnya memberikan masukan kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Cilacap untuk kemajuan pembangunan pertanian. KTNA sebagai pelaku utama dalam Bidang Pertanian Terpadu juga sebagai Penyuluh Swadaya,” ujarnya.

Kepala Bidang Penyuluhan Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap Ely Suningsih berharap, kepengurusan baru KTNA harus lebih baik. Kinerja yang sudah ada di optimalkan agar ikut berperan dalam pembangunan pertanian secara utuh. Sekertariat KTNA di Kantor Dinas Pertanian, agar dimanfaatkan maksimal sebagai tempat Rembug dalam berbagai kegiatan Bidang Pertanian,” katanya.

Dikatakan, dengan kepengurusan KTNA yang baru, pertanian lebih mandiri, maju dan modern.  Apalagi dengan langkah komunikasi efektif, kreatif dan inovatif, dibarengi kombinasi dan konsultasi lebih intens dengan merapatkan barisan kepada Dinas terkait terutama Dinas Pertanian.

 

Reporter : Wasis
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018