Wednesday, 01 December 2021


Duta Petani Siap Dukung Percepatan Pertanian di Jakarta

09 Nov 2021, 13:01 WIBEditor : Gesha

Duta Petani Milenial (DPM) Dukung Percepatan Pertanian di Jakarta | Sumber Foto:ISTIMEWA

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta -- Pembangunan pertanian di Jakarta yang semakin dipercepat dan didukung oleh banyak pihak untuk mewujudkan ketahanan pangan, salah satunya adalah Duta Petani Millenial (DPM) dan Duta Petani Andalan (DPA) DKI Jakarta.

Sebanyak 14 orang pengurus dan perwakilan anggota DPM DPA Provinsi DKI Jakarta hadir di kantor Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (DKPKP) Provinsi  DKI Jakarta pada Kamis (28/10). Kehadiran ini sekaligus dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda.

“Pembentukan DPM dan DPA ini diharapkan dapat hadir ditengah masyarakat sebagai jembatan untuk menyamakan persepsi terkait pertanian perkotaan, dimana pertanian perkotaan tidak hanya seputar budidaya pertanian, melainkan juga mencakup pengolahan hasil pertanian, peternakan, dan juga perikanan. Semoga DPM dan DPA ini dapat menjadi titik awal di tahun 2022 untuk berkontribusi nyata dalam mempercepat pembangunan pertanian di DKI Jakarta” kata Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta, Suharini Eliawati.

Hadir pada pertemuan tersebut Kepala Bidang Pertanian DKPKP, Mujiati, dan Kepala Seksi Pertanian Perkotaan DKPKP, Taufik Yulianto. “Dinas KPKP Jakarta siap untuk membantu, membina dan memfasilitasi kegiatan pertanian, seperti halnya dalam berbudidaya, pembibitan, perizinan, mutu, pemasaran, dan pengolahan hasil pertanian. Selain itu juga telah menyediakan fasilitas untuk pengolahan hasil pertanian, antara lain yaitu dapur bersama di Jakarta Timur,"  tambahnya.

”Suatu kesempatan yang baik ini kita dapat berdiskusi bersama. Saya harap dengan adanya pertemuan ini, para pengurus/anggota DPM DPA yang sudah berhasil dalam melakukan kegiatan pertanian, dapat menularkan ilmu dan pengalamannya ke masyarakat sekitarnya, sehingga dapat lebih cepat mengembangkan dan memajukan pertanian di DKI Jakarta”, ujar Kepala Seksi Pertanian Perkotaan, Taufik Yulianto.

“DPM dan DPA ini merupakan salah satu wadah untuk saling mengenal dan memperkenalkan diri antar anggota serta harapannya dapat menyatukan visi dan misi antara masyarakat dengan pemerintah, sehingga dapat terjalin kolaborasi. Semoga pertanian di DKI Jakarta dapat menjadi tren, sehingga  ketika Bapak Menteri Pertanian RI berkunjung, kami selaku DPM dan DPA Provinsi DKI Jakarta dapat memperlihatkan bahwa pertanian di DKI itu ada dan menarik” kata Ketua Duta Petani Millenial dan Duta Petani Andalan (DPA) Provinsi DKI Jakarta, Ahmad Fahrizal

DPM dan DPA Provinsi DKI Jakarta berencana untuk menyusun profil usaha berupa video dan proposal. “Kami ingin melakukan kegiatan kolaborasi dengan Dinas KPKP yang mengikutsertakan organisasi pertanian di DKI Jakarta seperti P4S, KTNA, dan Gapoktan. Selain itu, kami juga berencana mengadakan perlombaan pertanian bagi pelajar DKI Jakarta” ujarnya.

 

 

 

 

 

Reporter : Indri
Sumber : Dinas KPKP DKI Jakarta
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018