Monday, 06 December 2021


Dekan FP UNSAM Langsa Ajak Milenial Ciptakan Peluang Kerja Baru

22 Nov 2021, 12:16 WIBEditor : Gesha

Syamsul Bahri (kedua dari kiri) dan solar dryer untuk bawang merah. | Sumber Foto:Abda

 

TABLOIDSINARTANI.COM, Langsa --- Dalam upaya memajukan Fakultas Pertanian (FP) Universitas Samudera (UNSAM) dalam waktu dekat kita akan menjalin kerjasama dengan berbagai pihak baik dengan Dinas/ instansi terkait dan swasta maupun dengan lembaga riset di daerah. 

"Dengan adanya program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) kita semua dituntut agar bisa bersinergi dan berkolaborasi sehingga mampu menghasilkan SDM milenial yang handal dan bermutu," ujar Dekan FP UNSAM Syamsul Bahri, SP., M.P saat wawancara dengan tabloidsinartani.com melalui telepon selulernya. 

Menurut Syamsul yang juga alumni KSDL- USK Banda Aceh, hal tersebut penting dilakukan untuk memacu peningkatan indikator kinerja dan sesuai arahan Rektor Universitas Samudra  Dr Ir. Hamdani, MT saat pelantikan 14 pejabat jajaran Unsam pekan lalu. 

Lebih lanjut Syamsul mengatakan kini pihaknya tengah mempersiapkan penyusunan draf MoU/MoA dengan BPTP Aceh, Pidie Agro Park, Kebun Agrowisata Melon termasuk juga dengan Forum Kakao Aceh maupun pelaku usaha baik di Kabupaten maupun Provinsi.  Diharapkan dari praktik, magang dan penelitian di berbagai sektor, mahasiswa bisa menambah wawasan dan skill-nya untuk maju serta lebih mandiri. 

Syamsul Bahri anak  pertama dari tujuh bersaudara pasangan Muhammad Idris dan Ummiyah kelahiran Teupin Punti Aceh Utara, 10 Maret 1968 menamatkan kuliah S1 di Fakultas Pertanian prodi Budidaya Pertanian di Unsam Tahun 1995. Sebelum melanjutkan kuliah di Unsam ia sempat mengecap pendidikan di Sekolah Pembangunan Pertanian Kota Langsa dan selesai pada tahun 1987.

Keseharian suami Siti Zalekha dan ayah tiga anak ini, setelah mengajar ia juga hobi berkebun dan melakukan riset dengan mahasiswanya. Pada tahun 2008 setelah menyelesaikan program studi S2 dan menyandang gelar Magister Pertanian, Syamsul mulai meniti kariernya dari bawah. "Sewaktu Unsam masih swasta saya sudah menjadi dosen dan diperbantukan di Bidang Pengajaran selama tiga tahun," tuturnya. 

Sederet karir lainnya yang pernah dirintis di almamaternya antara lain pernah menjabat selain sekretaris penjaminan mutu juga menjadi sekretaris pada Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) serta Kepala Laboratorium Terpadu hingga Unsam menjadi kampus negeri tahun 2013. "Terakhir 2016 sebelum dilantik menjadi Dekan Fakultas Pertanian saya pernah menjabat sebagai Kabag akademik serta Koordinator Pusat Penjaminan Mutu hingga kembali menjadi sekretaris LPPM," kenangnya. 

Kiprahnya saat menjadi sekretaris LPPM dia mendapat hibah penelitian maupun hibah pengabdian kepada masyarakat dari kementerian melakukan berbagai terobosan termasuk program desa binaan baik di Kota Langsa, Kabupaten Aceh Tamiang serta Aceh Timur. 

Untuk tahun ini kami bersama tim telah membuat alat pengering bawang merah berbentuk greenhouse dengan bantuan sinar surya dan mendapatkan respon dan antusias masyarakat di Aceh Tamiang. Ketika Unsam menjadi kampus negeri dia malah lebih aktif dan penuh kesabaran memberikan kuliah kepada mahasiswanya. 

Sejak saat itu ia pun mulai serius dalam menekuni hobi berkebun dengan berbagai jenis riset tanaman pangan dan hortikultura. Sebenarnya menjalin kerjasama dengan Badan Litbang Pertanian sudah digelutinya dengan melakukan riset dan penulisan karya ilmiah bersama para peneliti BPTP Aceh. "Selama menjadi dosen saya sering melibatkan peneliti BPTP dalam pemanfaatan berbagai komodoti varietas unggul baru dan menulis KTI," bebernya. 

Dengan luas lahan yang semakin terbatas dia mengajak para milenial untuk berkiprah dan menggairahkan kembali sektor pertanian mulai hulu dan hilirisasi dengan berbagai inovasi teknologi yang dibutuhkan petani. "Mari kita lakukan terobosan dengan membuka dan menciptakan lapangan kerja baru yang lebih maju, mandiri dan modern," ajak Syamsul mengakhiri. 

Reporter : AbdA
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018