Sunday, 26 June 2022


Hasilkan Milenial Paham Kakao, FP UNSAM Kerjasama dengan Forum Kakao Aceh

21 Dec 2021, 11:32 WIBEditor : Gesha

MoU kerjasama antara FP UNSAM dengan Forum Kakao Aceh | Sumber Foto:Abda

TABLOIDSINARTANI.COM, Aceh --- Mewujudkan kerjasama antara Fakultas Pertanian (FP) Universitas Samudra (Unsam) Langsa dengan Forum Kakao Aceh (FKA) kedua belah pihak sepakat melakukan penandatanganan dalam bentuk MoU yang dilaksanakan di Oen Kopi Cafe Edukasi, jalan P. Nyak Makam 27, Banda Aceh (17/12).

"Upaya ini kita lakukan untuk menindaklanjuti program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dicanangkan Kemendikbud Ristek," ungkap Dekan FP Unsam Syamsul Bahri, SP.,M.P didampingi wakil dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Dr. Iswahyudi, SP., MSi serta wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan Siti Balqis SP., MP kepada tabloidsinartani.com saat diwawancara. 

Melalui MoU ini, Syamsul melanjutkan FP UNSAM akan segera mengirimkan mahasiswa untuk melakukan magang dan tugas praktek selama 6 bulan (satu semester) di lapangan yang setara 20 SKS. "Nantinya para mahasiswa juga akan didampingi pembimbing  dari internal Unsam maupun tim pakar FKA," cetusnya.

Diharapkan dari kegiatan tersebut mahasiswa bisa menambah keilmuan dan wawasannya, karena mereka belajar langsung teknologi budidaya, pengendalian hama penyakit, pengolahan, pasca panen dan pemasaran juga turunan produk kakao. "Setelah magang mahasiswa akan menyelesaikan tugas secara akademik di kampus," ujar Syamsul yang juga alumni KSDL - USK.

Menurutnya program MBKM ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa. Pasalnya, setelah lulus menjadi sarjana tidak bingung lagi karena telah dibekali keilmuan khusus untuk menjadi tenaga profesional yang mandiri dan siap pakai. "Kalau sudah profesional mereka tak canggung lagi bekerjasama dengan mitra (Instansi pemerintah, BUMN maupun swasta), bahkan bisa juga dengan menciptakan lapangan kerja baru," timpalnya bersemangat.

Selain magang kata Syamsul lagi, pihaknya juga implementasikan MoU melalui pertukaran pakar dalam memberikan mata kuliah khusus (Dosen tamu). Begitu juga, jika ada pilot project tentang kakao, pihaknya bersedia berkolaborasi dan bersinergi untuk kemajuan perkakaoan di Aceh termasuk pemberdayaan dayah/pesantren dengan program Multi Purpose Tree Species (MPTS).

Ir T. Iskandar MSi, selaku Ketua FKA dan tim ahli Distanbun Aceh merasa senang dan gembira serta memberikan respon positif atas penyelenggaraan MoU. "Kami berterimakasih dan memberikan apresiasi khusus kepada FP Unsam atas inisiatif yang luar biasa," ucapnya.

T. Iskandar menyebutkan, eksistensi FKA sebagai asosiasi petani kakao dan berbagai stakeholder secara bersama bekerja menggerakkan perkakaoan di Aceh untuk bangkit kembali. Apalagi dengan adanya keterlibatan universitas dan lembaga riset di daerah, "kita siap mendukung akselerasi kakao yang selama ini kurang produktif sehingga menjadi nilai tambah produk bagi petani," ungkit T. Iskandar mantan Kepala BPTP Aceh yang juga penyuluh pertanian senior mengakhiri.

Dalam waktu yang bersamaan tersebut FP Unsam, Langsa juga melakukan penandatanganan MoU dengan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Aceh, FP Universitas Abulyatama, dan FP Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh.

Reporter : AbdA
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018