Tuesday, 28 June 2022


Belajar Pertanian, Mahasiswa Universitas Tomakaka Kunjungi BBPP Batangkaluku

25 Feb 2022, 15:25 WIBEditor : Herman

Mahasiswa Universitas Tomakaka kunjungi BBPP Batangkaluku

TABLOIDSINARTANI.COM, Gowa --- Sebanyak 56 mahasiswa  Fakultas Pertanian, Universitas Tomakaka, mengadakan pengembangan ilmu pertanian di Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Batangkaluku. 

Tujuan utama kegiatan ini adalah mengembangkan ilmu pengetahuan pertanian yang telah dipelajari di kampus. Selain itu mahasiswa juga nantinya akan mengadakan seminar hasil.

Mereka akan mempersentasekan Kegiatan yang telah dilakukan dan diperoleh di BBPP Batangkaluku yang merupakan suatu bentuk pertanggungjawaban sekaligus mengukur sejauh mana pemahaman mahasiswa  selama melaksanakan kegiatan tersebut. Pelaksanaan presentasi merujuk pada satu tema terkait dengan Pengembangan Pertanian Berbasis Digitalisasi.

Mahasiswa yang didampingi Dosen dan Dekan Fakultas Pertanian Tomakaka, tiba di BBPP Batangkaluku pada Hari Kamis (17/2), diterima langsung oleh Koordinator Program dan Kerjasama, Fitriani.

Saat serah terima mahasiswa, Fitriani menyampaikan semoga ilmu yang didapat selama tiga hari ke depan dapat bermanfaat bagi mahasiswa itu sendiri maupun masyarakat umum khususnya dapat dijadikan suatu ide usaha untuk memulai usaha dalam mengembangkan pertanian kedepannya.

 

Seperti yang kita ketahui digitalisasi pertanian menjadi efektif dan penggunaan mekanisasi semakin maju sehingga produksi terus meningkat dengan kualitas yang tinggi dan pendapatan petani semakin naik. Menurut Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo,

“Kemajuan pertanian turut didukung generasi milenial karena memiliki semangat berinovasi yang tinggi untuk melakukan cara-cara yang baru terhadap penanganan pertanian yang maju, mandiri, dan modern.” Pungkasnya. 

Dekan Fakultas Pertanian Tomakaka, Haedar Harun menuturkan, agar seluruh mahasiswa mampu mengembangkan kompetensinya di bidang pertanian. Serap juga ilmu tentang Agribisnis terutama di hilir, sehingga kita mampu mengemas hasil pertanian menjadi produk unggulan yang mampu menembus pasar.

Jusniati, salah satu mahasiswa Tomakaka, mengatakan selama tiga hari ini ilmu yang didapatkan sangat banyak terlebih lagi 60?alah kegiatan praktek mulai dari Budidaya Tanaman Padi, penyiapan lahan sampai penanaman Jagung, Hidroponik, Pengenalan dan Pengoperasian ALSINTAN, yang tidak kalah menarik yaitu pengolahan hasil pertanian  nugget jamur tiram dan susu kedelai yang bercita rasa jahe, pandan juga cokelat. 

Menambahkan Sugeng Mulyono, Widyaiswara BBPP Batangkakulu mengatakan bahwa sudah Tugas dan fungsinya  sebagai widyaiswara di UPT Pengembangan SDM agar alumninya unggul dan tangguh. 

 

”Universitas Tomakaka sudah tepat memilih BBPP Batangkaluku sebagai tempat pembelajaran." Jelasnya sebagai perwakilan Kepala Balai saat melepas sekaligus menutup kegiatan Kerjasama Universitas Tomakaka dan BBPP Batangkaluku, Sabtu 19 Februari 2022.

Reporter : Suriady
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018