Friday, 01 July 2022


Songsong Digitalisasi Society 5.0, Kehumasan dan Informasi Publik BPPSDMP Bertransformasi

19 May 2022, 20:02 WIBEditor : Gesha

Workshop Kehumasan Tahun 2022 | Sumber Foto:BPPSDMP

TABLOIDSINARTANI.COM, Bogor --- Dalam Kementerian Pertanian, tak terkecuali Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Kehumasan dan Informasi Publik memegang peranan penting. Namun di era disrupsi dan digitalisasi, kemampuan pengelola harus bertransformasi untuk beradaptasi.

Kehumasan dan Informasi Publik dalam organisasi dan instansi pemerintah memegang peranan penting. Mulai dari menyebarluaskan informasi dan kebijakan pemerintah sesuai dengan institusi/lembaga masing-masing kepada publik, menampung dan mengolah aspirasi masyarakat, serta membangun kepercayaan publik guna menjaga citra dan reputasi pemerintah.

Di era digitalisasi yang mendorong transparansi di segala bidang, Pengelola Kehumasan dan Informasi Publik berada pada posisi yang semakin strategis. Namun di sisi lain juga mengalami tantangan. "Humas sekarang pada era yang tidak biasa, semuanya serba bisa, dan semua bisa terjadi. Itulah kehebatan humas dan tantangan yang tidak biasa," tutur Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Karenanya, Humas pemerintah dituntut untuk lebih kreatif dan aktif dalam melaksanakan perannya dalam penyebarluasan kebijakan Pemerintah, memberikan pelayanan, menyebarluaskan pesan atau informasi serta mengedukasi masyarakat mengenai kebijakan hingga program-program kerja Pemerintah kepada masyarakat. Humas juga bertindak sebagai mediator yang proaktif dalam menjembatani kepentingan Pemerintah, menampung aspirasi, memperhatikan keinginan publik, dan berperan menciptakan iklim yang kondusif.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber daya Manusia Pertanian, Prof Dedi Nursyamsi mengatakan jika dahulu, penyebaran informasi dalam bentuk lisan dan tulisan, sekarang ini informasi dan komunikasi semakin berkembang pesat, khususnya digital. "Pengelola bidang kehumasan dan informasi publik lingkup BPPSDMP harus bertransformasi secara positif menuju ke digitalisasi 4.0 untuk menjalankan perannya, " tuturnya.

Sekretaris BPPSDMP, Siti Munifah juga mengatakan di era digital, Humas harus membentuk pemahaman dalam mengumpulkan data dan berbagi informasi untuk dengan penggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), agar informasi publik sampai ke khalayak secara jelas. “Kolaborasi antara Kehumasan di Pusat dan UPT juga harus sejalan agar Visi Misi Kementan,” tambahnya.

Pendapat serupa juga diungkapkan oleh Kepala Biro Humas dan Informasi Publik, Setjen Kementan, Kuntoro Boga Andri. Menurutnya, informasi perlu dikelola agar tidak menjadi dis-informasi komunikasi dari Kementan untuk publik. Di BPPSDMP, diseminasi informasi penyuluhan menjadi utama dan perlu diketahui publik. "Pergeseran digitalisasi telah membawa perubahan citizen jurnalism yang bisa membawa opini ke ranah publik, karenanya penyebaran informasi publik dan kehumasan tidak hanya dilakukan oleh staff humas instansi saja, tetapi seluruh bagian di Kementan, " sebutnya. 

Guna menaklukkan tantangan dan menjadikan Pengelola Kehumasan dan Informasi Publik menjadi lebih kreatif, Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP) menggelar “Workshop Kehumasan Tahun 2022” dengan tema “Optimizing Communication for Competing in Era Society 5.0”, selama 3 hari, 19- 21 Mei 2022 yang diikuti oleh Pranata Humas/Pengelola Kehumasan/Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS)/Pengelola Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) lingkup BPPSDMP.

Adapun materi yang akan disampaikan dalam Workshop Kehumasan Tahun 2022, antara lain Desain Infografis Kehumasan, Pembuatan Vlog Untuk Diseminasi Informasi Kehumasan menggunakan smartphone dan Memaksimalkan Fotografi Sederhana. 

“Diharapkan melalui Workshop Kehumasan ini peserta dapat mengomunikasikan kebijakan, rencana kerja, dan capaian kinerja kepada masyarakat luas, melalui media massa baik cetak, elektronik, online dan media sosial kekinian, “ pinta Koordinator Kelompok Evaluasi dan Pelaporan, Septalina Pradini sebagai Ketua Pelaksana Workshop. 

Reporter : Humas BPPSDMP
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018