Friday, 01 July 2022


Melalui Program YESS, Kalipare Sambut Kaderisasi Petani

20 Jun 2022, 13:27 WIBEditor : Gesha

Seluruh komponen Kecamatan Kalipare menyambut Program YESS | Sumber Foto:Kecamatan Kalipare

TABLOIDSINARTANI.COM, Malang --- Business Development Services Provider (BDSP) Kecamatan Kalipare sedang giat mempersiapkan berbagai langkah guna menyambut Pelatihan Program YESS (Youth Entrepreneurship and Employment Support Services) untuk regenerasi dan kaderisasi petani muda.

Kecamatan Kalipare di tahun 2022, mendapat giliran menjadi lokus kaderisasi petani melalui Program YESS yang dikomandoi oleh Politeknik Pembangunan Pertanian Malang (Polbangtan) Malang. Setidaknya ada 3 persiapan sebagai langkah pemanasan menjelang 1 bulan lebih dimulainya pelatihan Program YESS.

Persiapan pertama adalah memantapkah langkah antara Penyuluh dan Fasilitator Muda Program YESS dalam menjaring calon penerima manfaat. Target minimal 100 CPM (Calon Penerima Manfaat) sudah terpenuhi sesuai dengan Programa Penyuluhan tahun 2022.

Koordinator BPP Kalipare H. Paidi, SP menuturkan bahwa selangkah demi selangkah berbagai persiapan sudah berhasil dilalui. “Alhamdulillah, target minimal 100 CPM sudah berhasil dicapai, tinggal kita secara pasti menuju angka CPM 150, mudah-mudahan ini bisa dicapai dalam sisa waktu yang ada” tutur Abah disela-sela mengikuti Pelatihan atau work shop Model Bisnis Program YESS di Kepanjen Malang.

Persiapan kedua adalah memantapkan koordinasi dengan seluruh pihak baik itu Poktan, Gapoktan, KTNA dan seluruh lapisan masyarakat dengan menggaungkan setinggi mungkin apa itu Program YESS, apa itu BDSP dan seluruh kegiatan yang notabene adalah untuk mengakselerasi regenerasi dan kaderisasi petani muda.

Nuansa kekinian juga disentuh untuk menghindari kesan terlalu serius dan kaku pada berbagai koordinasi tersebut yakni dengan pembuatan profil video BDSP Kalipare, video youtube dan video tik tok. Kira-kira untuk menunjukkan bahwa pelatihan yang akan datang juga berbalut hiburan, tawa, permainan, gerak joget, nyanyian dan tidak lupa fokus utama bahwa kita semua harus terpanggil dengan tema besar regenerasi dan kaderisasi petani muda tersebut.

Persiapan ketiga adalah satu langkah terobosan dibuat dengan memunculkan satu kelompok pemuda tani baru sebagai satu cluster atau lokasi khusus peminat program YESS. Tidak tanggung-tanggung, sedikitnya 25 petani baru dan muda dibawah usia 39 tahun sudah mendaftar Program YESS dari Poktan baru tersebut dan siap mengikuti pelatihan yang ada.

Poktan ini cukup keren dengan nama ‘Harapan Makmur YESS’. Poktan baru tersebut berlokasi di Dusun Pitrang Desa Kalipare. Menarik mengikuti perjalanan Poktan baru tersebut di tengah satu harapan besar bahwa ada perubahan mendasar pada semangat menjadikan pertanian sebagai media menuju kesejahteraan dan kemakmuran.

Reporter : H. Paidi, SP dan Kiswanto, SP
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018