Friday, 01 July 2022


La Tellese: Studi Banding Siap Digelar di Pra Penas 2022

22 Jun 2022, 09:44 WIBEditor : Herman

La Tellese, Ketua Bidang Studi Banding Pra Penas 2022 | Sumber Foto:Suriady

TABLOIDSINARTANI.COM, Sidrap - Pra Pekan Nasional (Penas) Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) Tahun 2022 akan dihelat di Kabupaten Maros Provinsi Sulawesi Selatan, 25-27 Juni 2022. Salah satu agenda yang disiapkan adalah studi banding untuk meningkatkan wawasan para peserta.  

Pra Penas merupakan salah satu kegiatan yang dapat memotivasi dan menggairahkan petani-nelayan, petani hutan serta masyarakat pelaku agrobisnis dalam pembangunan sistem dan usaha yang berdaya saing, berkerakyatan, berkelanjutan melalui kemitraan yang saling menguntungkan.  

Kegiatan studi banding menjadi salah satu agenda yang akan dilaksanakan dalam Pra Penas 2022. Diungkapkan Ketua Bidang Studi Banding Pra Penas 2022. La Tellese bahwa telah dilakukan berbagai persiapan untuk mensukseskan kegiatan studi banding yang akan dilakukan dalam Pra Penas 2022.

“Kami selaku Ketua Bidang Studi Banding telah melaksanakan rapat Kordinasi, dan mengikuti petunjuk ketua panitia penyelenggara melakukan survei lapangan dengan para panitia,’’ ungkap La Tellese saat ditemui Tabloidsinartani.com di kediamannya di Sidrap.

Lebih lanjut mantan Ketua KTNA Sidrap ini mengatakan bahwa studi banding nantinya akan  melakukan  kegiatan kunjungan yang diikuti  peserta Pra Penas yang telah ditunjuk sebagai perwakilan setiap Provinsi untuk melihat dan mempelajari teknologi tanaman serealia, penyakit hewan, pengolahan dan pemasaran ikan bandeng tanpa tulang serta sistem penggemukan sapi potong. 

"Kegiatan Studi banding dapat meningkatkan pengetahuan melalui tukar menukar informasi antara peserta dengan para peneliti, pengelola usaha perikanan dan peternak, menumbuhkan minat dan motivasi para peserta Pra Penas  dan petani masyarakat lainnya yang dikunjungi nantinya untuk menerapkan teknologi yang digunakan dan mengembangkan usaha taninya di daerah masing-masing serta terciptanya ajang silaturahim dan keakraban sesama peserta, panitia dan narasumber dengan adanya kontak person atau No Watshapp," ungkapnya.  

La Tellese menambahkan bahwa studi banding nantinya akan dilaksanakan di empat titik lokasi yakni Balitserealia, BB Veteriner Maros, Poklahsar Cahaya Bandeng dan Kelompok Ternak Karim Farm.   

“Studi banding rencananya akan diikuti 150 peserta dari 34 provinsi yang dibagi dua trip yakni trip A dan trip,” ujarnya.

Reporter : Suriady
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018