Friday, 01 July 2022


Perhiptani Malang Siapkan Strategi Regenerasi Penyuluh

22 Jun 2022, 12:57 WIBEditor : Gesha

Pelantikan DPC Perhiptani Malang | Sumber Foto:ISTIMEWA

TABLOIDSINARTANI.COM, Malang --- Memperingati Hari Krida Pertanian Tahun 2022, Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (Perhiptani) Kabupaten Malang melakukan transformasi dan menyiapkan kekuatan baru dalam kaderisasi dan regenerasi penyuluh. 

Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Perhiptani Kabupaten Malang melakukan langkah taktis dengan melengkapi atau meregenerasi struktur pengurus di 7 Dewan Pimpinan Cabang (DPC). Pelantikan pengurus baru ini untuk memberi semangat bahwa para penyuluh pertanian milenial tersebut mesti bergerak lebih cepat (gercep) dalam menjawab berbagai tantangan penyuluhan pertanian dewasa ini.

 "Alhamdulillah, syukur kita panjatkan, struktur Perhiptani makin mengakar. Tambahan kekuatan dari para penyuluh muda milenial di tingkat DPC mudah-mudahan bisa makin membuat kiprah Perhiptani menyentuh kebutuhan penyuluh dan penyuluhan kita. Apa yang menjadi kebutuhan penyuluh, kesejahteraannya, daya dukungnya, programnya dan sekaligus rewardnya," ungkap Ketua DPD Perhiptani Kabupaten Malang Agus Wahyudi, SP. M.Agr.

Kiprah Perhiptani juga diakui oleh Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Malang Dr. Ir. Budiar, M.Si. "Saya juga siap menjadi anggota Perhiptani dan bagaimana kita memajukan organisasi perhiptani dan sekaligus memajukan potensi pertanian yang sangat besar di Kabupaten Malang," tambahnya. 

Dirinya juga mengajak untuk meningkatkan komunikasi, sinergi dan tekad untuk penyuluh pertanian yang makin profesional dan sejahtera. "Tetapi di saat yang sama adalah pertanian di Kabupaten Malang yang makin maju mandiri dan modern," tambahnya.

Ada hal menarik dari proses terbentuknya struktur Perhiptani di tingkat DPC yang dilakukan beberapa waktu yang lalu. Proses penjaringan, pencalonan dan penyampaian visi-misi para kandidat dilakukan via online melalui link yang dibagikan, kemudian para anggota memberikan hak suaranya dan ini berjalan dengan waktu yang relative singkat. Ini langkah maju, era sudah berubah dan tentu adaptasi dibutuhkan. Prosesnya relatif lancar dan sangat mendukung proses gerak organisasi yang memang dibutuhkan kecepatan dan ketepatan.

Tantangan kedepan tentu solidisasi struktur yang ada. Berbagai kreasi dan variasi tentu sudah disiapkan oleh DPD Perhiptani Kabupaten Malang. Diskusi, menggali ide, konsep, membangun kesepatan dan menentukan arah prioritas. Para penyuluh milenial yang makin mewarnai organisasi jelas sudah menyiapkan strategi udara melalui WA Group, media sosial, channel youtube, diskusi virtual juga sudah pasti disiapkan.

Karena itu, Perhiptani siap menjadi wadah yang keren, menceriakan, good looking dan good achieving. Selamat untuk yang sudah mendapat amanah sebagai pengurus. 

 

Reporter : Kiswanto
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018