Wednesday, 17 August 2022


Nahkoda Baru Perhiptani DPD Wonogiri Periode 2021 – 2025 Dilantik

27 Jun 2022, 15:02 WIBEditor : Herman

Pelatihan Pengurus DPD Perhiptani Wonogiri | Sumber Foto:Djoko W

TABLOIDSINARTANI.COM, Wonogiri ---  Ketua DPW Perhitani Provinsi Jawa Tengah, Warsana, SP, MSi melantik pengurus DPD Perhiptani Kabupaten Wonogiri periode 2021 – 2025, Rabu (22/6). Kepengurusan DPD Perhitani Wonogiri tersebut  telah terpilih secara demokratis dalam Musyawarah Daerah Perhiptani Kabupaten Wonogiri pada 18 April 2021.

Gerak langkah Penyuluh Pertanian Wonogiri, yang tergabung dalam organisasi profesi Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (PERHIPTANI) DPD Kabupaten Wonogiri, masih terus bergairah dan penuh semangat. Hal itu terbukti dengan adanya kegiatan-kegiatan yang selalu diselenggarakan oleh pengurus DPD.

Seperti lomba antar penyuluh, seminar, hingga bimbingan teknis untuk meningkatkan kapabilitas dan professional penyuluh pertanian. Demikian pula dalam rangka memperkuat organisasi, penyelenggaraan Musyawarah Daerah (Musda) juga selalu dilaksanakan tepat waktu.

Untuk menahkodai Perhiptani DPD Kabupaten Wonogiri periode 2021 – 2025 telah terpilih sebagai Ketua : Agung Cipta Priyono, SP, diwakili : Bot Pranadi, S.TP, sebagai Sekretaris I terpilih  : Ana Rahmawati, S.Pt dan Sekretaris II : Novita Ratnawati SP,  selanjutnya dipercaya sebagai  Bendahara I : Asri Indrawati, S.TP dan Bendahara II: Supi Winarti, SP.

 

Pengurus inti tersebut dibantu ketua-ketua bidang, serta para koordinator penyuluh pertanian di Balai Penyuluhan Pertanian se kabupaten Wonogiri, yang tersebar di 25 kecamatan.

Pelantikan pengurus DPD Perhiptani Kabupaten Wonogiri berlangsung semarak, karena dilaksanakan bersamaan dengan acara Apel Siaga Penyuluh Pertanian dalam rangka Hari Krida Pertanian ke 50 (tahun emas).

Apel siaga tersebut dipimpin langsung oleh Bupati Wonogiri, Joko Sutopo dan dihadiri juga oleh   Wakil Bupati Wonogiri Setyo Sukarno, ketua DPRD Wonogiri  Sriyono, Spd, serta jajaran SKPD terkait Kabupaten Wonogiri dan  jajaran pengurus KTNA kabupaten Wonogiri.

Disamping itu, para Penyuluh Pertanian yang didukung sepenuhnya oleh Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Wonogiri, pada kesempatan itu juga menyelenggarakan Gelar Lapak Agribisnis Petani Wonogiri serta Seminar Perhiptani Kabupaten Wonogiri.

Agung Cipta Priyono, SP  mengatakan bahwa, pelantikan kepengurusan DPD Perhiptani Kabupaten Wonogiri sempat tertunda beberapa lama. Hal ini disebabkan karena situasi dan kondisi yang belum memungkinkan akibat pandemi Covid-19. Baru setelah pemerintah melonggarkan PPKM, pelantikan dapat dilaksanakan bersamaan dengan Hari Krida Pertanian th 2022. Tentu saja dengan tetap menaati prokes yang berlaku.

Namun dalam tenggang waktu menanti pelantikan, DPD Perhitani Wonogiri tetap berkegiatan. Antara lain dengan menyelenggarakan lomba-lomba yang melibatkan penyuluh pertanian. Seperti pada hari itu diundang juga pemenang Lomba Inovasi Teknologi Alsintan yang diselenggarakan bersama, Dinas Pertanian dan Pangan dengan DPD Perhiptani Kabupaten Wonogiri.

Muncul sebagai pemenang pertama Sutarno, Kelompok Tani Pangudi Luhur II Desa Tlogoharjo, Kec. Giritontro. Pemenang kedua Sarto dari Kelompok Tani Girimanik 2 Desa Girimanik, Kecamatan Slogohimo, sedang pemenang ke 3 Tri Haryono dari Kelompok Tani Karya Tani, Desa Semagar, Kecamatan Girimarto.Pemenang pertama membuat “Alat Tanam Padi Gogo dengan modifikasi lubang kerucut”. Pemenang ke dua menciptakan “Alat Pelubang Mulsa” dan pemenang ke 3 membuat “Perontok Jagung dari Bahan Bekas”.

Pada kesempatan ini juga dibagikan kartu anggota bagi anggota Perhitani baru sebanyak 81 orang. Mereka adalah para Penyuluh Pertanian THL-TBPP yang telah diangkat menjadi tenaga P3K . “ Jadi anggota kami sekarang berjumlah 137 orang Penyuluh Pertanian, terdiri dari 56 orang ASN dan 81 orang P3K” kata Agung Cipta Priyono.

Warsana, SP, MSi kepada jajaran kepengurusan DPD Perhiptani Wonogiri mengatakan bahwa, sebagai Ketua DPW Perhiptani Jawa Tengah ia sangat mengapresiasi rangkaian kegiatan yang diselenggarakan dalam rangka pelantikan pengurus DPD Wonogiri. Kegiatan- kegiatan tersebut tentu berimbas positif bagi anggota Perhitani pada khususnya dan kepada masyarakat luas pada umumnya. “ Jangan lupa untuk mendokumentasikan kegiatan ini ya pak Agung..” pesannya.

Para penyuluh pertanian tersebut mendadak gembira  ketika Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, yang juga menyaksikan acara pelantikan, tiba-tiba menghapiri mereka. Terjadilah dialog santai antara penyluh pertanian dengan Kepala Daerahnya.

Pada saat itu Bupati secara langsung mendengar dan menerima masukan dari penyuluh. Pada kesempatan itu, Bupati yang sangat akrab dengan dunia pertanian ini, kembali menegaskan fungsi dan peran penting penyuluh pertanian untuk mendampingi petani dalam upaya meraih kemajuan pertanian yang bermuara pada peningkatan kesejahteraan petani. “ Go Nyawiji Sesarenganj Mbangun Wonogiri” . Mari Bersatu Bersama Membangun Wonogiri.

Reporter : Djoko W
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018