Rabu, 28 September 2022


Mentan Ajak Alumni SPP SPMA Sinergi Bangun Pertanian

12 Sep 2022, 13:36 WIBEditor : Herman

Mentan SYL Hadiri Reuni Akbar SPP SPMA di Gowa

TABLOIDSINARTANI.COM, Gowa --- Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menghadiri reuni akbar yang digelar Ikatan Alumni SPP/SPMA (Sekolah Pertanian Pembangunan/ Sekolah Pertanian Menengah Atas) Negeri Gowa.

Dalam kegiatan yang digelar selama dua hari (10-11 September 2022) Mentan mewanti-wanti terjadinya krisis pangan global, sebagai akibat dari pandemic covid 19 yang telah cukup memporak porandakan ekonomi dunia, ditambah lagi dengan cuaca ekstrim akibat perubahan iklim serta perubahan geopolitik dunia.

Menurut SYL, Indonesia patut berbangga untuk urusan pangan,pertanian  Indonesia telah berhasil menjadi bantalan ekonomi Negara. Bahkan Indonesia diakui dunia dan telah diberi penghargaan International Rice Research Institute (IRRI)  karena memiliki sistem ketahanan pangan yang baik dan juga sebagai negara yang mencapai swasembada.tidak melakukan impor padi selama tiga tahun terakhir.

"Sekarang kita tidak impor lagi tuh. Over stok kita sampai 7 juta. bahkan tahun ini saja sampai Agustus kita masih punya stok 10 juta. itulah kenapa kita mendapatkan penghargaan dari IRRI sebagai negara swasembada. Tahun depan kalau kita bersama bukan hanya padi yang swasembada tapi juga semua pangan kita swasembada," jelas Mentan.

Mentan juga mengajak kepada para alumni untuk bersama-sama membangun pertanian. Menurutnya membangun pertanian itu harus dilakukan bersama-sama  yang dimulai dari diri kita.

“Bapak ibu disini sebagai alumni SPP SPMA memiliki kemampuan untuk itu, mulailah menanam apa saja bisa saudara tanam. Jangan biarkan ada sedikitpun lahan yang tidak tertanami, apapun bisa kita tanam, bisa cabai, tomat ataupun produk lainnya”.

Mentan berharap ajang reuni ini dapat menghasilkan ide dan gagasan yang dapat mendukung dan membantu program Kementerian pertanian.

Ketua IKA SPP SPMA, Latief Halide saat memberikan sambutan mengatakan hadirnya Mentan untuk membuka reuni akbar merupakan hal yang istimewa bagi para peserta.

“Kami seperti mendapatkan durian runtuh, karena reuni ini dihadiri oleh Bapak Mentan, Pak Sekretaris Jenderal dan Eselon I Kementerian Pertanian Lainnya” Ungkapnya.

Selama dua hari Reuni Akbar SPP SPMA  menjadi ajang temu kangen para alumni mulai angkatan tahun 58 hingga 92 yang datang dari berbagai daerah mulai dari Aceh, Ambon hingga Papua.

Selain Kuliah umum, reuni diisi dengan berbagai kegiatan seperti jalan santai dan olahraga bersama, maupun berbagai perlombaan dan hiburan lainnya.

Reporter : Suriady
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018