Selasa, 27 September 2022


Kembangkan Agribisnis Pesisir, Kosabangsa UNSAM-IPB Didukung Pemkot Langsa

12 Sep 2022, 21:23 WIBEditor : Gesha

Kosabangsa Unsam | Sumber Foto:Istimewa

TABLOIDSINARTANI.COM, Langsa --- Program Kolaborasi Sosial Membangun Masyarakat (Kosabangsa) Tim Dosen Universitas Samudra (Unsam) yang berkolaborasi dengan Institut Pertanian Bogor (IPB), kini memasuki tahap sosialisasi. Pemerintah Kota Langsa pun menyambut baik Desa Cinta Raja Kecamatan Langsa Timur Kota Langsa Propinsi Aceh, terpilih menjadi lokasi project. 

Tim Dosen Universitas Samudra (Unsam) berkolaborasi dengan Tim Dosen Institut Pertanian Bogor (IPB) menggelar  Sosialisasi Program Kolaborasi Sosial Membangun Masyarakat (KOSABANGSA, Kegiatan yang dilaksanakan dengan judul  “Scale Up Agribisnis Pesisir  Untuk Pengembangan Ekonomi Kerakyatan di Cinta Raja”. 

Acara sosialisasi Program Kosabangsa tersebut, berlangsung Sabtu (10/09/2022) di Meunasah Gampong (desa-red) Cinta Raja, Kecamatan Langsa Timur, Kota Langsa Provinsi Aceh. 

Dalam keterangannya, Ketua Tim Pelaksana Program Kosabangsa Unsam, Rini Mastuti kepada tabloidsinartani.com, Kamis (10/09/2022), menyebutkan maksud dan tujuan digelar sosialisasi agar Pemerintah Kota (Pemko) Langsa, Stakeholder dan pihak swasta dapat memiliki pemahaman yang sama terhadap program tersebut. Program ini dilaksanakan untuk meningkatkan kemandirian ekonomi masyarakat atau mitra sasaran. 

Menurut Rini, Kosabangsa merupakan Program Kemedikbudristek yang pelaksanaannya dilakukan secara kemitraan oleh  Perguruan Tinggi pelaksana dan Perguruan Tinggi Pendamping yaitu Unsam dan IPB Bogor. 

Program Kosabangsa dilaksanakan dari bulan September hinga Desember Tahun 2022 di Gampong Cinta Raja Kota Langsa Provinsi Aceh. Tim Universitas Samudra merupakan salah satu dari 25 tim yang ditunjuk oleh Kemendikbud sebagai pelaksana Pilot Project Program Kosabangsa di Indonesia dengan mempertimbangkan proposal yang mengangkat potensi lokal, masuk kriteria 3T dan pelaksanaan secara kemitraan.

"Program ini baru akan di launching pada tahun 2023. Kedepan Program Kosabangsa akan menekankan adanya kolaborasi dari Pemda, Swasta dan Stakeholder lainnya untuk dapat berpartisipasi pada Dana Penyertaan," terangnya.

Dikatakan, pelaksanaan kegiatan yang difasilitasi tim Kosabangsa dan BUMG Tunas Muda Gampong Cinta Raja selain dihadiri oleh Muhammad Fuad (Universitas Samudra), Ali Mustafah, SE (Asisten II Pemko Langsa), Hendarsyah (Field Relation Manager PT. Medco E&P Malaka), Mahlil (Kepala Diskoperindag), Maharani (Dekranasda), Rita Chairani (TP-PKK), Andi (Kabid PPMG), dan Irwan Pratama (Pendamping Desa) juga Polsek dan Koramil Langsa Timur yang diwakili oleh Babinkantibmas dan Babinsa, Perwakilan Camat Langsa Timur, Pengurus BUMG serta perangkat gampong, dan masyarakat setempat.

Pj Walikota Langsa yang disampaikan oleh Ali Mustafah, S.E  menyebutkan Pemerintah Kota Langsa  menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya, atas terselenggaranya kegiatan ini. "Saya harap melalui Program Kosabangsa, tercipta kolaborasi bersama antara Perguruan Tinggi, Pemerintah, Perusahaan, lembaga/organisasi masyarakat, dan bagi masyarakat sendiri, " tuturnya. 

Dirinya juga mengajak semua pihak untuk berkolaborasi membangun masyarakat di Gampong Cinta Raja. "Kami menyambut baik dan mendukung program ini karena telah memilih Kota Langsa khususnya Gampong Cinta Raja sebagai Mitra Sasaran," ajaknya. 

Program ini sambungnya, sangat bermanfaat bagi pembangunan khususnya peningkatan kemandirian perekonomian di Gampong Cinta Raja dengan melakukan Scale Up Agribisnis Pesisir.

Sementara itu, Perwakilan PT Medco E&P Malaka yang diwakili oleh Hendarsyah menyampaikan juga mendukung penuh. Pihaknya, siap berpartisipasi untuk pengembangan dan pemasaran produk UKM yang diproduksi oleh Masyarakat. 

"Produk tersebut hendaknya diproduksi sesuai dengan standar yang ditetapkan pemerintah untuk produk makanan yaitu Aman, Sehat, Utuh dan Halal (ASUH). Kami mengharapkan program ini dapat terlaksana secara berkelanjutan karena membawa dampak kesejahteraan bagi masyarakat," harap Hendarsyah yang diamini Mahlil selaku Kepala Disperindagkop & UKM, Mahlil.  

Dukungan serupa juga datang dari Tenaga Penggerak PKK Kota Langsa, Rita Chairani. Menurutnya, Gampong Cinta Raja merupakan gampong binaan Dekranas sebagai Desa Kerajian Anyaman. "Semoga kedepan Dinas Koperindagkop, Dekranas dan Kosabangsa dapat berkolaborasi lebih erat untuk memajukan perekonomian masyarakat,” timpal Rita Chairani.

Kehadiran pihak terkait dalam kegiatan sosialisasi program kosabangsa merupakan dukungan yang luarbiasa. Tim kosabangsa berterimakasih atas kehadiran dan dukungan dari Pemerintah Kota Langsa, Muspika Langsa Timur, PT Medco E&P Malaka, dan seluruh Masyarakat. 

Tim Kosabangsa sesuai kepakarannya sudah menyiapkan berbagai program untuk kesuksesan kegiatan. Rini Mastuti manajemen pengolahan produk agribisnis, Muhammad Fuad  bidang pemasaran, Chairuddin bidang pelatihan dan workshop, dan Wan Alamsyah bidang pembangunan fisik dan perangkat keras. Semoga kegiatan Kosabangsa membawa manfaat dan keberkahan untuk semua pihak.

Reporter : AbdA
Sumber : Unsam
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018