Kamis, 09 Februari 2023


Inilah Proses Penumbuhan dan Penetapan P4S

04 Nov 2022, 06:13 WIBEditor : Gesha

P4S Karya Tani | Sumber Foto:Penyuluh Pertanian Mideo

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta --- Kepala Pusat Pelatihan Pertanian, Leli Nuryati menekankan Kementerian Pertanian sangat terbuka jika ada kelompok tani yang menginginkan berproses dan ditetapkan menjadi  Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S).

"Asalkan memiliki ciri-ciri P4S seperti memiliki kegiatan agribisnis/usahatani unggulan di perdesaan dan layak dicontoh oleh Pelaku Utama dan Pelaku Usaha lain, bersedia berbagi pengetahuan, keterampilan dan pengalaman kepada Pelaku Utama dan Pelaku Usaha lain, bersedia sebagai penggerak pembaharu pertanian perdesaan di wilayah binaannya," ungkapnya dalam Webinar P4S: Dari Petani untuk Petani yang diselenggarakan Tabloid Sinar Tani, Rabu (2/11).

Termasuk memiliki sarana-prasarana pelatihan, dan kondisi lingkungan yang mendukung proses pembelajaran, bahkan memiliki fasilitator dan instruktur professional. “Ciri khas utamanya adalah mampu memberikan pelayanan pelatihan, permagangan, kunjungan/studi banding dan konsultasi agribisnis,” tambahnya.

Tetapi Leli menegaskan, pentingnya memiliki jiwa kesukarelaan/berjiwa volunteer (mau berbagi pengetahuan/pengalaman dan keterampilan) dari diri petani maupun kelompok tani tersebut menjadi mutlak dimiliki oleh manajemen P4S. “Banyak kelompok tani maupun gapoktan yang memang biasanya tergerak setelah melakukan studi banding ke P4S sukses lainnya. Setelah melihat, ada keinginan untuk melakukan pengembangan kea rah P4S,” tuturnya.

Adapun prosedur Pengajuan Dan Penetapan P4S sesuai Permentan 33 Tahun 2016 adalah Calon Pengelola P4S mengisi instrumen identifikasi/klasifikasi P4S, Proses Identifikasi/Klasifikasi dilakukan oleh Dinas Pertanian Kabupaten/Kota dibantu oleh Forum Komunikasi (FK) P4S Kabupaten/Kota. Langkah selanjutnya adalah Dinas Pertanian Kabupaten/ Kota mengeluarkan Surat Registrasi P4S.

Sementara itu, surat Registrasi P4S dan Instrumen Identifikasi/Klasifikasi diajukan ke Badan PPSDMP melalui UPT Pelatihan sebagai Pembina. Setelahnya, Badan PPSDMP mengeluarkan sertifikat klasifikasi untuk P4S. Adapun klasifikasi untuk P4S, menggunakan instrumen Penilaian Klasifikasi P4S sesuai Permentan 33 Tahun 2016 tentang Pembinaan Kelembagaan Pelatihan Pertanian Swadaya.

Reporter : NATTASYA
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018